Ilustrasi: Medcom
Ilustrasi: Medcom

Transjakarta Hentikan Operasional 59 Bus Kopaja

Nasional transportasi
Ilham Pratama Putra • 22 Juli 2019 06:38
Jakarta: PT. Transjakarta menghentikan operasional 59 unit bus Kopaja yang terintegrasi dengan Transjakarta. Hal ini menindaklanjuti insiden terbakarnya salah satu bus beberpa waktu lalu.
 
"Saat ini sudah 19 unit bus Kopaja yang sudah dilakukan pengecekan dan diperkirakan akan selesai dalam tiga hari," kata Direktur PT. Transjakarta Agung Wicaksono, di Jakarta seperti dikutip Antara, Minggu 21 Juli 2019.
 
Pengecekan ini tak lepas atas peristiwa terbakarnya bus Kopaja 160, rute Kampung Melayu-Pulogebang di Jalan Basuki Rachmat, Jakarta Timur. Selain pengecekan PT. Transjakarta akan menginvestigas kejadian ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada tahun 2019 ini, akan kami perbaiki dengan integrasi yang sesungguhnya sesuai dengan standar pelayanan Transjakarta," kata Agung.
 
Dia menyebut armada transportasi harus mengikuti standar yang ditetapkan Transjakarta. Menurut Agung saat ini masih ada transportasi terintegrasi yang tak memenuhi perawatan yang diterapkan agen pemegang merek (APM).
 
"Ini langkah-langkah yang kita lakukan untuk ke depannya. Kebakaran bus Kopaja disebabkan oleh human error, yang dilakukan oleh mekanik dan kami harapkan untuk ditindaklanjuti dengan tegas," kata Agung.
 
Sementara itu, pengamat transportasi, Darmaningtyas mengatakan bahwa integrasi yang dilakukan pada tahun 2015 itu terkesan dipaksakan. Akhirnya masih banyak penyesuaian yang harus dilakukan.
 
"Saat itu Transjakarta juga mengalami transisi dan UPT (Unit Pelayanan Teknis) menjadi PT," kata Darmaningtyas.

 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif