Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Damar Iradat.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Damar Iradat.

Anies Laporkan Formula E ke Presiden Jokowi

Nasional pemprov dki Formula E
Damar Iradat • 13 Agustus 2019 13:57
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaporkan rencana pelaksanaan balap mobil Formula E 2020 pada Presiden Joko Widodo. Pelaksanaan kegiatan itu diyakini mendorong perekonomian Indonesia.
 
"Beliau memberikan dukungan dan apresiasi, dan Insyaallah akan kami finalisasikan," kata Anies di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 13 Agustus 2019.
 
Anies yakin penyelenggaraan Formula E akan memberikan dampak positif di bidang ekonomi. Ia percaya, pagelaran itu mampu menggerakkan perekonomian Jakarta dengan efek yang besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku sudah menunjukkan sejumlah hasil studi tim Formula E. Salah satunya, efek pasar dan rute yang akan digunakan.
 
Namun, Anies belum mau memaparkan detail terkait rute. Hal itu masih dibahas dengan tim Formula E.
 
"Tapi tadi saya melaporkan itu dan Presiden berikan dukungan, pemerintah pusat akan memfasilitasi. Karena nanti akan ada kendaraan-kendaraan formula yang masuk ke sini harus ada soal cukainya, soal imigrasinya, dan lain-lain," ujarnya.
 
(Baca juga:Rencana Formula E Jakarta Dinilai Belum Matang)
 
Kepastian Jakarta menggelar Formula E sempat diumumkan Anies bulan lalu. Hal itu ia sampaikan setelah menghadiri acara World Cities Summit di Medellin, Kolombia.
 
Formula E merupakan turnamen balapan terpopuler kedua setelah Formula 1. Bedanya, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik dan diadakan di sirkuit jalan raya.
 
Adapun skema lintasan yakni, pertama pit stop berada di Monas, Jakarta Pusat, tepatnya di belakang Stasiun Gambir. Dari Monas, lintasan mengarah ke Ridwan Rais dan masuk ke Tugu Tani lalu berputar untuk kembali ke Ridwan Rais.
 
Kemudian belok kiri di Merdeka Selatan dan berputar di Wisma Antara. Setelah itu kembali ke lintasan depan Kedutaan Besar Amerika Serikat.
 
Sementara skema kedua membuat pit stop di silang Monas sisi selatan. Lintasan mengarah ke arah belakang Gambir menuju Ridwan Rais dan belok kanan ke Merdeka Selatan.
 
Dari Merdeka Selatan dengan Ridwan Rais dari arah utara, tidak ada jalur bukaan. Sehingga, alternatif rutenya masuk ke Silang Monas di Bundaran Air mancur dan Silang Monas Selatan.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif