Gubernur Ahok dan Menteri Nila saat peresmian RSUD Pasar Minggu---MTVN/Gervin
Gubernur Ahok dan Menteri Nila saat peresmian RSUD Pasar Minggu---MTVN/Gervin

Peresmian RSUD Pasar Minggu Sempat Didemo Warga

Nasional rsud
Nur Azizah • 12 Desember 2015 16:20
medcom.id, Jakarta: Puluhan warga berunjuk rasa saat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek meresmikan Rumas Sakit Umum Daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Warga yang berdemonstrasi mengaku sebagai pemilik lahan tempat RSUD berdiri.
 
Warga membawa spanduk bertuliskan "Kembalikan Tanah atau Hak Kami Pak Gubernur. Ini Tanah Ahli Waris Enging Bin Leos."
 
Adapula yang menulis "Pak Gubernur, Kami Belum Menerima Ganti Rugi Dalam Bentuk Apapun Atas Berdirinya RSUD Pasar Minggu", dan lain-lain sebagainya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama pun menanggapi demo tersebut dengan santai. Gubernur yang biasa disapa Ahok ini mengatakan urusan sengketa lahan sudah selesai.
 
"Urusan sengketa kan sudah diurus pengadilan. Walaupun mereka benar, saya juga tidak akan bisa bayar. Semua sudah diproses sama pengadilan," kata Ahok usai meresmikan RSUD Pasar Minggu, Jalan T.B. Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (12/12/2015).
 
Ahok mengatakan, demo yang dilakukan warga bukan pertama kali terjadi. Pada masa Gubernur Joko Widodo pun, demo sudah sering terjadi. Demonstrasi serupa, kata Ahok, pernah terjadi saat peletakan batu pertama pembangunan RSUD.
 
"Tapi kan pengadilan sudah memutuskan kalau kami yang menang, mereka kalah," ucap ahok.
 
Meski keberadaan RSUD Pasar Minggu didemo puluhan warga, acara peresmian tetap berjalan dengan lancar. Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu resmi dibuka Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, siang tadi. Peresmian dilakukan sekaligus dengan pelepasan tim kesehatan ketuk pintu layani dengan hati (KPLH).
 
RSUD Pasar Minggu didirikan berdasarkan keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 42 Tahun 2012 dan ditetapkan sebagai rumah sakit yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah (PPK-BLUD) berdasarkan SK GUB No. 1530/2014. Peletakan batu pertama telah dilakukan pada 2 April 2014 oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang kala itu masih menjabat sebagai Gubernur Provinsi DKI Jakarta.
 
Sekadar informasi, lokasi RSUD Pasar Minggu ini berada di sebelah Gedung Kementerian Pertanian (Kementan). Jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) di RSUD ini sebanyak 423 orang. Yakni 19 dokter spesialis, 31 dokter umum, tiga dokter gigi, dan 370 tenaga kesehatan lainnya dengan 468 tempat tidur. RSUD Pasar Minggu ini memiliki 12 lantai dengan pelayanan unggulan berupa pelayanan poli anak, tumbuh kembang, geriatic, dan radioterapi.

 

(TII)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif