Kawasan Monas ilustrasi. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
Kawasan Monas ilustrasi. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

Perdana Sejak Pandemi, Pemprov DKI Gelar Upacara HUT ke-77 RI di Monas

Antara • 12 Agustus 2022 15:34
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memusatkan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI di Plaza Selatan, Monumen Nasional (Monas), pada Rabu, 17 Agustus 2022. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dijadwalkan memimpin upacara.
 
"Untuk tingkat Balai Kota nanti upacara di Plaza Selatan Monas," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Monas Isa Sarnuri di Jakarta, Jumat, 12 Agustus 2022.
 
Upacara HUT ke-77 RI itu rencananya dimulai pukul 08.00 WIB. Upacara dilakukan sebelum kirab Bendera Merah Putih yang menjadi rangkaian upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka. Peserta upacara antara lain jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) serta para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov DKI Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan ini akan menjadi upacara pertama yang dihadiri langsung setelah dua tahun dilaksanakan daring karena pandemi covid-19. Pemprov DKI melakukan kegiatan bersih-bersih di kawasan Monas, termasuk untuk mendukung kirab Merah Putih.
 
"Pemda DKI mendukung kegiatan rangkaian HUT RI, karena paginya ada kirab bendera dan teks proklamasi yang dikirim nanti di Monumen Nasional ke Istana," ucap Isa.
 

Baca: Presiden Anugerahkan Tanda Kehormatan RI, Ada Sastrawan hingga Seniman Sunda


 
Pemerintah mengeluarkan pedoman penyelenggaraan upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI pada 17 Agustus 2022. Pedoman wajib dilaksanakan baik di tingkat pusat maupun daerah.
 
Pada tingkat daerah, upacara HUT ke-77 RI mulai dilaksanakan pukul 07.00 waktu setempat. Kantor perwakilan/lembaga mengikuti upacara yang dilaksanakan pemerintah provinsi/kabupaten/kota setempat. 
 
Kepala Daerah/Forkopimda mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan dan penurunan bendera Merah Putih secara daring. Sedangkan, di tingkat pusat upacara HUT ke-77 RI dilaksanakan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, mulai pukul 09.45 WIB.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif