NEWSTICKER
Ketua Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka Pratikno (tengah). Foto: Damar Iradat/Medcom.id
Ketua Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka Pratikno (tengah). Foto: Damar Iradat/Medcom.id

Pratikno Minta Pemprov DKI Setop Revitalisasi Monas

Nasional Revitalisasi Monas
Damar Iradat • 27 Januari 2020 19:09
Jakarta: Ketua Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka Pratikno meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyetop proyek revitalisasi kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta. Pemprov DKI Jakarta belum mengantongi izin dari komisi pengarah dalam merombak kawasan ikon Ibu Kota itu.
 
"Karena itu jelas ada prosedur yang belum dilalui, ya kita minta disetop dulu," kata Pratikno di Kantor Kementerian Sekretaris Negara, Jakarta, Senin, 27 Januari 2020.
 
Pratikno menyebut Pemprov DKI selaku badan pelaksana harus meminta persetujuan komisi pengarah sebelum merevitalisasi Monas. Ketentuan ini diatur dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 25 Tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka di Wilayah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemprov DKI berkewajiban meminta izin dan harus memperoleh persetujuan dari komisi pengarah untuk melakukan hal-hal yang ada dalam kawasan Monas," jelas dia.
 
Pratikno mengakui Pemprov DKI sudah mengirim surat untuk merevitalisasi Monas. Namun, dia menyebut Pemprov DKI telat memberikan surat tersebut.
 
Pemprov DKI baru menyurati komisi pengarah setelah revitalisasi berjalan. Isi surat tersebut, lanjut dia, juga sekadar pemberitahuan soal pelaksanaan revitalisasi Monas.
 
"Secara prosedural memang kami minta Pemprov DKI meminta persetujuan dulu kepada komisi pengarah. Itu aturan yang berlaku dan tentu saja harus ditaati," kata Menteri Sekretaris Negara itu.
 
Pemprov DKI Jakarta menebang sekitar 190 pohon di sisi selatan kawasan Monas untuk revitalisasi. Bagian tersebut akan dibangun Plaza Selatan Monas.
 
Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengeklaim revitalisasi Monas akan membuat ruang terbuka hijau (RTH) bertambah. Jumlah pohon di area RTH bagian selatan Monas akan ditambah di masing-masing sisi.
 
"Pohon yang kita pindahkan, ke sisi barat 55 pohon, ke sisi timur 30 pohon," kata Saefullah dalam konferensi pers di Balai Kota DKI, Jumat, 24 Januari 2020.
 

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif