Disdik DKI Selidiki Uang Operasional Penari Ratoh Jaroe

Nur Azizah 21 September 2018 14:04 WIB
asian games 2018
Disdik DKI Selidiki Uang Operasional Penari Ratoh Jaroe
Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Susie Nurhati. Medcom.id/Lis Pratiwi
Jakarta: Sejumlah penari Ratoh Jaroe pada pembukaan Asian Games 2018 dikabarkan belum mendapatkan uang operasional. Mereka merupakan siswi dari SMAN 23 dan SMAN 78 Jakarta.

Sekretaris Dinas Pendidikan Susi Nurhati mengatakan, pihaknya masih mencari kebenaran kabar tersebut. Saat ini, dirinya tengah berkomunikasi dengan INASGOC.

"Dari INASGOC kan itu untuk operasional, nah lagi kita cek mengapa perkembangannya seperti sekarang. Kita lagi komunikasi dengan INASGOC,” kata Susi saat dihubungi, Jakarta, Jumat, 21 September 2018.


Dalam pembuatan Asian Games 2018, INASGOC melibatkan ribuan siswa SMA di Jakarta. Besaran kompensasi yang diberikan sebesar Rp200 ribu per hari selama latihan di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

Namun, INASGOC selaku panitia pelaksana Asian Games 2018 membantah kabar tersebut. Ia menyebut, pihaknya sudah menuntaskan pembayaran para penari di upacara pembukaan pada 18 Agustus lalu.

Melalui pernyataan tertulis Media dan Humas Panitia Pelaksanaan Asian Games 2018 yang diterima, mekanisme pembayaran melalui transfer bank ke rekening sekolah asal penari. Diketahui bahwa ada 2.113 penari berasal dari 18 SMA di Jakarta.

Selanjutnya, Panitia juga memastikan bahwa pembayaran uang operasional telah dilakukan sebanyak tiga kali yakni pada bulan April, Juni dan terakhir 17 September lalu. Semua bukti pembayaran kepada sekolah terdokumentasi dengan lengkap.

“Panitia sangat berterima kasih kepada para penari, guru dan orang tua mereka yang telah memberikan kontribusi besar bagi Indonesia. Kerja keras dan penampilan para penari tidak bisa dinilai dengan apapun, tetapi apa yang telah dilakukan akan selalu abadi di hati dan benak seluruh rakyat Indonesia juga dunia,” tutup Sekretaris Jendral Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Eris Herriyanto.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id