Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Nur Azizah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Nur Azizah

Anies tak Ingin Insiden Penghadangan Terulang di Perhelatan Asian Games

Nasional piala presiden 2018
Faisal Abdalla • 21 Februari 2018 00:52
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak mau membahas insiden penghadangan dirinya oleh Paspamres saat penyerahan Piala Presiden 2018. Ia ingin ada hikmah yang diambil dari peristiwa itu.

"Saya enggak mau masuk terlalu detail pada peristiwa itu. Toh ketua Steering Committee Piala Presiden (Maruarar Sirait) sudah memberikan penjelasan secara detail. Kita ambil hikmahnya saja," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa 20 Februari 2018. 

Menurut dia, peristiwa yang menimpanya ini bisa dijadikan pelajaran untuk gelaran Asian Games. Protokoler, kata dia, harus disiapkan dengan matang. Sehingga, peristiwa serupa tak dialami oleh para Kepala Negara yang hadir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Ambil hikmahnya dari peristiwa ini ke depan dan pastikan pada Asian Games tertata dengan baik," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.  Baca: Anies Ogah Bahas Pencegahan Penyerahan Piala Presiden

Ketua SC Piala Presiden Maruarar Sirait sebelumnya meminta maaf terkait insiden penghadangan kepada Anies saat penyerahan Piala Presiden. Ara, sapaan akrab Maruarar, mengaku bertanggung jawab terhadap insiden tersebut. 

"Acara kemarin yang membuat nama-nama pendamping Jokowi adalah saya. Jadi, dalam masalah ini, tidak ada yang patut disalahkan. Satu-satunya adalah saya," ujar Ara.

Dalam pemberian hadiah kepada Persija Jakarta dalam Final Piala Presiden 2018, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto serta Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

"Saya kurang mengerti masalah protokoler. Ini bukan salah Paspamres, mereka hanya menjalankan tugas dari data yang diperoleh dari saya," kata Ara.


(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi