Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Medcom.id/Candra
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Medcom.id/Candra

Tegas! Kasus Formula E Bukan untuk Jegal Anies Nyapres

Candra Yuri Nuralam • 29 September 2022 17:27
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan pengusutan dugaan rasuah Formula E bukan untuk menjegal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi calon presiden (capres). Pemeriksaan Anies sebagai saksi tidak berkaitan dengan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
"Tidak benar, proses tindak lanjut laporan masyarakat oleh KPK dimulai sejak jauh-jauh hari sebelum hiruk pikuk soal pencapresan," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri kepada Medcom.id, Kamis, 29 September 2022.
 
Kabar penjegalan Anies ini beredar beberapa waktu lalu. Lembaga Antikorupsi menegaskan Anies diperiksa sebagai saksi untuk mendalami kasus yang masih di tahap penyelidikan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPK juga menyayangkan ada yang mengaitkan kinerjanya dengan pencalonan Anies. Ali menegaskan Pemilu 2024 dan kinerja KPK tidak berkaitan.
 
"Kami bekerja di ranah hukum, kami pastikan itu," tegas Ali.
 
KPK berharap kabar tentang penjegalan Anies melalui kasus Formula E tak berlarut. Lembaga Antikorupsi itu menegaskan tidak sedang berpolitik dalam penanganan kasus.
 
"Kami berharap para pihak tidak membawa KPK pada opini soal politik praktis yang akan berlangsung di tahun-tahun mendatang tersebut," ujar Ali.
 

Baca: Diakhir Masa Jabatan, Ini Pesan Anies untuk Gubernur DKI Selanjutnya


Sejumlah saksi sudah dimintai keterangan oleh KPK untuk mendalami kasus ini. Teranyar, KPK memeriksa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mendalami perkara yang masih di tahap penyelidikan itu.
 
Anies diperiksa selama 11 jam pada Rabu, 7 September 2022. Ketua KPK Firli Bahuri menyebut pemeriksaan lama karena penyelidik meyakini Anies memiliki banyak informasi.
 
"Bukan waktu yang dimaknai, tapi marilah kita memaknainya adalah mungkin yang diperiksa banyak pengetahuannya tentang suatu peristiwa," kata Firli di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 8 September 2022.
 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif