Wakil Presiden jusuf Kalla - Medcom.id/Suci Sedya Utami.
Wakil Presiden jusuf Kalla - Medcom.id/Suci Sedya Utami.

JK Tegaskan Pembebasan Abu Bakar Demi Kemanusiaan

Nasional abu bakar baasyir
Suci Sedya Utami • 19 Januari 2019 12:18
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan pertimbangan pemerintah membebaskan terpidana terorisme Abu Bakar Baasyir murni kemanusiaan. Pembebasan tak ada kaitannya dengan tahun politik.
 
"Sekarang apa pun dikatakan dengan politik," kata JK, sapaan karibnya, di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Sabtu, 19 Januari 2019.
 
JK menegaskan pembebasan itu berdasarkan grasi atau hak Presidenmemberikan pengurangan hukuman atau remisi. Selanjutnya disampaikan pada Menteri Hukum dan HAM.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada kasus Abu Bakar, kata dia, grasi diberikan murni kemanusiaan. "Pertimbangannya kemanusiaan," pungkas dia.
 
Presiden Joko Widodo mengaku berbicara dengan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) sekaligus penasihat Jokowi, Yusril Ihza Mahendra sebelum membebaskan pimpinan Majelis Mujahidin Indonesia itu.
 
(Baca juga:"Pembebasan Ba'asyir Tidak Bisa Dibawa ke Politik")
 
"Jokowi menegaskan kepada saya bahwa beliau prihatin dengan keadaan Ustaz Abu Bakar. Karena itu meminta saya menelaah, berdialog, dan bertemu Abu Bakar di LP Gunung Sindur, Jawa Barat," ucap Yusril melalui keterangan tertulis, Jumat, 18 Januari 2019.
 
Baasyir sudah mendekam di penjara sekitar sembilan tahun dari total hukuman 15 tahun. Yusril mengatakan sudah saatnya Baasyir menjalani pembebasan tanpa syarat yang memberatkan.
 
Menurut Yusril, Baasyir yang telah berusia 81 tahun, kondisi kesehatannya semakin menurun. Ia sempat berbincang panjang dengan pendiri Pondok Pesantren Islam Al Mu'min itu.
 
Yusril mengatakan semua pembicaraan dengan Baasyir dilaporkannya ke Jokowi. Sehingga, Jokowi yakin ada cukup alasan untuk membebaskan Baasyir.
 
"Saya sangat menghormati para ulama. Saya tidak ingin ada ulama yang berlama-lama berada di dalam lembaga pemasyarakatan. Karena itu Presiden Jokowi segera memerintahkan jajarannya untuk membebaskan Baasyir," ucap Yusril.
 
(Baca juga:Alasan Jokowi Bebaskan Abu Bakar Baasyir)

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif