Polisi Selisik Unsur Pidana Tekait Jatuhnya Lion Air

Lukman Diah Sari 09 November 2018 19:34 WIB
Lion Air Jatuh
Polisi Selisik Unsur Pidana Tekait Jatuhnya Lion Air
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)
Jakarta: Polri menyelidiki unsur pidana terkait jatuhnya Lion Air PK-LQP di perairan Karawang, Jawa Barat. Hal itu dilakukan dengan mendalami penyebab dari musibah tersebut.

"Jadi kalau memang ada indikasi pidana umum, nonteknis, bisa tim ini meningkatkan dari penyelidikan ke penyidikan," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat, 9 November 2018. 

Penyelidikan dilakukan tim khusus mulai dari rute Manado, Sulawesi Utara pada 28 Oktober 2018. Tim khusus memeriksa personel ground handling, keamanan dan rekam kesehatan kru pesawat. 


"(Mencari) Ada unsur tindak pidana narkoba atau tidak," ucap dia. 

Baca: Pencarian CVR Gunakan Alat Baru dari Amerika

Tim khusus juga mendalami penerbangan Lion Air PK-LQP rute Bandara Ngurah Rai, Bali-Bandara Soekarno-Hatta, Banten. Seluruh kru yang bertugas pada saat itu telah diperiksa.

Aparat mencari kemungkinan adanya sabotase atau pelanggaran non teknis dari kru di Bali. Data pemeriksaan itu pun sudah dikumpulkan untuk dianalisa.

"Bahan-bahan ini akan diklopkan dengan hasil teknis dari hasil pemeriksaan KNKT," ujar dia. 

Tim khusus dari Polri pun terus menyelidiki adanya pelanggaran hukum dalam kasus ini. Mereka juga berkoordinasi dengan KNKT.

KNKT bertugas menyelidiki unsur teknis musabab jatuhnya pesawat Lion Air. "KNKT hasilnya seperti apa? Kita menunggu hasil KNKT," kata dia.





(AZF)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id