Selebgram Rachel Vennya usai diperiksa penyidik Polda Metro Jaya. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Selebgram Rachel Vennya usai diperiksa penyidik Polda Metro Jaya. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Rachel Vennya Sempat Karantina 3 Hari di Wisma Atlet

Kautsar Widya Prabowo • 25 Oktober 2021 07:44
Jakarta: Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Jaya Kolonel Arh Herwin Budi Saputra menyebut selebgram Rachel Vennya sempat tiga hari karantina di Wisma Atlet Pademangan. Hal itu terungkap dari data absensi.
 
"Kalau di absensinya saya lihat itu sempat masuk tiga hari. Saya belum tahu detailnya, itu kan kerjaan intel. Saya terima beritanya seperti itu," kata Herwin di Jakarta, Minggu, 24 Oktober 2021.
 
Herwin menyebut dua oknum TNI membantu Rachel kabur dari karantina. Keduanya mengaku tidak menerima suap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi, kalau secara pengakuannya yang bersangkutan (oknum TNI) membantu RV (Rachel Vennya) untuk tidak menginap di karantina (Wisma Atlet)," ujar Herwin.
 
Kedua oknum TNI itu telah dikembalikan ke satuan masing-masing. Keduannya juga masih diperiksa oleh Polisi Militer (POM) untuk menerima sanksi.
 
"Itu kan nanti ada hukuman-hukumannya. Jadi, hanya dinonaktifkan dari Satgas Kogasbapad. Sudah dikembalikan satuannya ke Angkatan Udara," tutur dia.
 
Rachel bersama manajer Maulida dan pacarnya Salim tidak menjalani karantina usai kembali dari Amerika Serikat pada Jumat, 17 September 2021. Mereka bisa dijerat Pasal 9 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan Pasal 14 UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular dengan ancaman pidana penjara selama-lamanya 1 tahun dan/atau denda setinggi-tingginya Rp1 juta.  
 
Rachel dibantu dua oknum TNI, FS, dan IG, agar terbebas dari kewajiban karantina. FS menyodorkan aturan yang menyatakan Rachel tidak masuk dalam kategori penerima fasilitas karantina.
 
FS dan IG diduga melakukan tindakan non prosedural. FS dikembalikan ke satuannya di Korps Angkatan Udara (AU) dari tugas sebagai Satgas Pengamanan Bandara Soekarno-Hatta. Sedangkan, IG dikembalikan ke satuan di Wing 1/Paskhas.
 
Baca: TNI Bantah Klaim Rachel Vennya Tak Pernah Karantina di Wisma Atlet
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif