Capim KPK Roby Arya Brata akan mengutamakan aspek pencegahan untuk mengurangi angka korupsi. Antara/Nova Wahyudi.
Capim KPK Roby Arya Brata akan mengutamakan aspek pencegahan untuk mengurangi angka korupsi. Antara/Nova Wahyudi.

OTT Dinilai Tak Buat Koruptor Jera

Nasional capim kpk
Faisal Abdalla • 13 September 2019 04:05
Jakarta: Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Roby Arya Brata mengkritik Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Lembaga Antirasuah. OTT dianggap tidak membuat angka dan indeks korupsimenurun.
 
"Jadi ngapain KPK melakukan terus menerus penindakan dan OTT? Padahal para pakar kriminologi sendiri berpendapat bahwa tak ada impact-nya terhadap penurunan tingkat kejahatan atau korupsi," kata Roby di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 12 September 2019.
 
Roby mengatakan dirinya akan mengutamakan aspek pencegahan jika terpilih sebagai pimpinan KPK. Hal itu sesuai dengan amanat United Nations Convention against Corruption (UNCAC).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi nanti kalau saya di dalam KPK, penindakan akan saya evaluasi menyeluruh. Kenapa kalian terus melakukan OTT setiap minggu padahal impact pada indeks persepsi korupsi tak ada," ujarnya.
 
Roby juga mengkritik Indeks Persepsi Korupsi selama masa kepemimpinan Agus Rahardjo Cs di KPK. Menurutnya, selama empat tahun terakhir indeks persepsi korupsi Indonesia stagnan, hanya berhasil meningkat satu poin.
 
"Bila saya akan jadi pimpinan KPK saya akan paling sedikit melakukan OTT, tapi indeks persepsi korupsi naik. Itu kan yang penting. Korupsi berkurang," ujarnya.
 
Seperti diketahui, pemilihan pimpinan KPK segera masuk tahap akhir. Sepuluh capim yang diajukan Presiden Joko Widodo kini mengikuti uji kelayakan dan kepatutan capim KPK di DPR.
 
Para capim 'ditelanjangi' soal integritas hingga visi misinya dalam pemberantasan korupsi. Nantinya, lima calon bakal dipilih untuk menjadi nakhoda Korps Antirasuah untuk periode 2019-2023.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif