Imam besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar/Metro TV
Imam besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar/Metro TV

Hindari Pendanaan Teroris, Masyarakat Diminta Hati-hati Berzakat

Kautsar Widya Prabowo • 06 November 2021 11:49
Jakarta: Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar meminta masyarakat lebih cermat menyalurkan dananya ke lembaga amil zakat (LAZ). Hal ini merespons terungkapnya Yayasan LAZ Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf (LZM BM ABA) menggalang dana kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI).
 
"Hati-hati jangan sampai itu dana tidak tersalurkan kepada lembaga yang tepat," ujar Nasaruddin di Jakarta, Sabtu, 6 November 2021. 
 
Dia mengimbau masyarakat yang ingin berzakat dapat menyalurkan kepada LAZ yang telah terdaftar di Kementerian Agama. Salah satunya, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Densus 88 Sita 400 Kotak Amal dari Teroris DRS di Lampung
 
Ia menyebut zakat bertujuan menciptakan ketenangan bagi seluruh umat beragama. Zakat yang tidak tersalurkan secara tepat memberikan dampak yang buruk
 
"Zakat itu untuk menciptakan ketenangan umat bukan untuk menciptakan ketegangan antar umat," kata Nasaruddin. 
 
Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri membekukan rekening Yayasan LAZ ABA yang diduga terafiliasi dengan kelompok teroris JI. Pembekuan rekening sejak penyidikan terhadap kelompok JI di Lampung.
 
"Rekening-rekening yang terkait langsung dalam perkara tersebut beserta asetnya sudah disita oleh penyidik Densus 88," ujar Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar saat dikonfirmasi, Selasa, 2 November 2021.
 
Aswin menyebut Densus 88 masih menyelidiki dugaan rekening dan aset yang terafiliasi dengan JI. Termasuk, yang disamarkan dengan nama-nama individu atau organisasi lain.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif