Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Nur Azizah.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Nur Azizah.

Anies Pelajari Putusan MA Soal Jalan Jatibaru

Nasional pedagang kaki lima (pkl) tanah abang
Kautsar Widya Prabowo • 18 Agustus 2019 02:05
Jakarta: Gubernur Anies Baswedan mengaku bakal melihat keputusan Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan gugatan atas penutupan jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ia memastikan akan menaati keputusan hukum yang berlaku.
 
"Kalau keputusan pengadilan, tentu kita hormati, nanti kita lihat cara pelaksanaannya," ujar Anies di Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu, 17 Agustus 2019.
 
Anies menyebut ia belum mendapatkan perkembangan terakhir atas kasus yang digugat oleh politikus muda Partai Solidaritas Indonesia (PSI) William Aditya Saran. "Belum ada (perkembangan) besok Senen aja ya," tutur Anies.\

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:MA Anulir Kebijakan Pemprov DKI Menutup Jalan untuk PKL
 
Mahkamah Agung (MA) mengabulkan gugatan atas penutupan jalan sebagai tempat berdagang. Putusan ini sekaligus menganulir kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menutup Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, untuk pedagang kaki lima menjajakan dagangannya.
 
Dalam amar putusannya, MA menyatakan menyatakan Pasal 25 ayat (1) Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum, bertentangan dengan Pasal 127 ayat (1) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Perda tersebut juga dinilai tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat, dan tidak berlaku umum.
 
MA juga memerintahkan kepada Panitera Mahkamah Agung untuk mengirimkan salinan putusan ini kepada Sekretariat Daerah untuk dicantumkan dalam Berita Daerah, dan MA menolak permohonan para Pemohon yang lain dan selebihnya.
 

(BOW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif