Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Jaksa Gali Kejanggalan Aceh Marathon

Nasional OTT Gubernur Aceh
Damar Iradat • 10 Desember 2018 17:43
Jakarta: Jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencecar pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah soal pelaksanaan Aceh Marathon. Penyelenggaraan Aceh Marathon menjadi salah satu fokus jaksa dalam membuktikan dakwaan suap dan gratifikasi terhadap Gubernur Aceh nonaktif, Irwandi Yusuf.

Jaksa awalnya menanyakan perihal tujuan penyelenggaraan Aceh Marathon 2018. Menurut Nova, sejak awal, Aceh Marathon direncanakan untuk mempromosikan pariwisata Aceh.

"Untuk promosi pariwisata Aceh. Saat itu sudah masuk anggaran pendapatan dan belanja Aceh 2018," tutur Nova saat bersaksi untuk Irwandi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 10 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Nova mengaku tak tahu persis anggaran untuk Aceh Marathon. Namun, menurutnya, anggaran untuk Aceh Marathon sekitar Rp10 miliar. Jaksa kemudian mengonfirmasi keterangan Nova di berita acara pemeriksaan (BAP) soal dana Aceh Marathon. Sebab, dalam keterangannya di BAP, Nova menyebut jika awalnya Aceh Marathon tidak direncanakan oleh pemerintah Aceh. "Di BAP katanya tidak direncanakan?" tanya jaksa.

Menurut Nova, memang awalnya ide penyelenggaraan Aceh Marathon muncul dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2017. Namun, menurutnya, di musrenbang juga tak tercatat.

"Tidak tahu persis (muncul ide Aceh Marathon), tapi yang jelas ketika di-launching saya sudah terlibat," ujarnya.

Baca: Hakim Tolak Eksepsi Orang Kepercayaan Irwandi Yusuf

Nova menjelaskan, rencananya Aceh Marathon digelar pada Juli 2018. Namun, saat itu tidak jadi terlaksana. "Tidak terlaksana karena waktu itu tender yang BPKS (Badan Pengusahaan Kawasan Sabang) gagal karena tiga perusahaan tidak memenuhi syarat. Kalau diulang, tender November, yang dari Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) juga tidak terlaksana," kata Nova.

Ia melanjutkan, saat itu Aceh Marathon sempat di-launching pada Mei 2018 dengan penanggung jawab Dispora Aceh. Nova juga mengaku dirinya ditunjuk sebagai Ketua Panitia Aceh Marathon.

Jaksa lalu mengonfirmasi keterlibatan Steffy Burase, teman dekat Irwandi dalam kegiatan Aceh Marathon itu. Menurut Nova, saat itu, Steffy hanya salah satu panitia dalam kegiatan tersebut.

"Dia salah satu panitia yang ditulis sebagai tenaga ahli," ujarnya.


(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi