Wakil Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Saut Situmorang (tengah). Foto: Candra Yuri Nuralam/Medcom.id
Wakil Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Saut Situmorang (tengah). Foto: Candra Yuri Nuralam/Medcom.id

Pegawai KPK Resign Bukan Karena UU Baru

Nasional kpk
Candra Yuri Nuralam • 15 Desember 2019 17:43
Jakarta: Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang membantah keauarnya sejumlah pegawai internal karena undang-undang baru. Alasan mereka mengundurkan diri dari KPK beragam.
 
"Mereka bisa melepaskan hanya bilang ingin dekat dengan keluarga, ingin mengabdi di tempat lain, terimakasih ke KPK yang udah memberi waktu. Ini kan kita enggak bisa pastikan karena undang-undang baru," kata Saut di Upnormal Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu, 15 Desember 2019.
 
Saut mengatakan kesimpulan mereka resign karena undang-undang hanya dugaan awal saja. Sebab, jumlah pegawai yang keluar di tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita hanya melihat, sepangjang saya empat tahun di KPK memnag yang agak banyak itu dibelakangan ini, jadi itu bisa aja dianalisis, bisa aja salah," ujar Saut.
 
Dia mengamini para pegawai yang mengundurkan diri sudah mendapat persetujuan pimpinan. Artinya, para pegawai itu sudah resmi keluar dari KPK.
 
Saut berharap tidak ada pegawai yang mengundurkan diri lagi. Lembaga Antirasuah masih membutuhkan orang-orang yang memberantas korupsi ke depannya.
 
"Saya berharap jumlah itu tidak tambah dan saya tidak bisa memastikan karena memang UU baru. Karena begitu mereka mengajukan itu ke pimpinan," pungkas Saut.
 
Hingga saat ini sudah ada 12 pegawai KPK memundurkan diri. Mereka diduga mundur setelah Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 berlaku.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif