Kapolri Jenderal Tito Karnavian--Metrotvnews.com/Lukman Diah Sari
Kapolri Jenderal Tito Karnavian--Metrotvnews.com/Lukman Diah Sari

Polri Minta Dilibatkan Awasi Transportasi Perairan

Nasional Kapal Tenggelam di Selayar
Ilham wibowo • 04 Juli 2018 16:16
Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta jajarannya di Polair ikut dilibatkan mengawasi transportasi lintas perairan. Usulan ini menyusul insiden KM Sinar Bangun di Danau Toba dan KM Lestari Maju di Perairan Selayar.
 
"Saya berharap nanti dari polisi terutama polisi perairan, saya perintahkan untuk membantu menegakkan aturan ini (pengawasan) misalnya bersama-sama Dinas Perhubungan," kata Tito di gedung PTIK, Jakarta, Rabu, 4 Juli 2018.
 
Saat ini tugas Polri di perairan sifatnya hanya terbatas, terutama dalam hal penegakan hukum. Rapat lintas sektoral, lanjut dia, bakal dilakukan yang dipimpin Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan dalam waktu dekat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Desk khusus ini untuk rapat lintas sektoral ini yang perlu banyak kerjasama dari Kemenhub, dari Kapolri, dari Pemda setempat. Ini semua harus dikumpulkan, termasuk pemilih agen kapal di tingkat pusat dan daerah masing-masing," ucap Mantan Kapolda Metro Jaya ini.
 
Baca: Jumlah Penumpang KM Lestari Maju Melebihi Manifes
 
Polri sejauh ini tengah melakukan investigasi terkait pelanggaran hukum dalam insiden kecelakaan transportasi di perairan. Penetapan tersangka bakal dilakukan lantaran telah menimbulkan korban jiwa.
 
"Kalau ada pelanggaran hukumnya, misal kecelakaan, tapi life jaket enggak ada padahal aturannya harus ada, itu diproses. Kasus Danau Toba, jangan hanya nakhodanya tapi yang mengawasnya proses dan jadikan tersangka," kata dia.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi