Tahun Depan, Pelat Nomor Luar Jakarta Bisa Terekam Tilang Elektronik

Siti Yona Hukmana 26 November 2018 00:41 WIB
tilang elektroniksistem tilang elektronik
Tahun Depan, Pelat Nomor Luar Jakarta Bisa Terekam Tilang Elektronik
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf saat memberikan keterangan di Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu, 25 November 2018. Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta:  Sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (e-TLE) akan diberlakukan untuk seluruh kendaraan bermotor yang melintas di Ibu Kota. Pada 2019, sistem ini juga diberlakukan buat kendaraan dengan nomor polisi dari daerah luar Jakarta.

Dua kamera pengawas telah dipasang di persimpangan Sarinah dan persimpangan Jalan Budi Kemuliaan. Kamera pengawas ini bakal merekam pelat nomor kendaraan pelanggar lalu lintas.

"Tahun depan, 1 Januari 2019 kita koneksikan dengan Korlantas, bahwa seluruh kendaraan yang ada di Jakarta bisa kita deteksi," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf di Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu, 25 November 2018.


Sistem tilang yang diberlakukan sama dengan kendaraan berpelat nomor Jakarta. Jika terbukti melanggar, polisi bakal mengirimkan surat tilang kepada pemilik kendaraan.

"Iya (surat tilangnya) kirim ke tempat mereka (pelanggar) melalui e-mail," ujar Yusuf. 

Diketahui, jumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat di DKI Jakarta mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Data Juli 2010, terjadi pertambahan sebanyak 1.127 unit kendaraan setiap harinya. Sebanyak 236 mobil dan 891 motor. Namun, Yusuf mengatakan jumlah kendaraan pelat luar Jakarta tidak sebanyak pelat Jakarta.

"Enggak sampai 10 persen (pelat luar Jakarta)," jelas dia.

Kendaraan berpelat nomor luar Jakarta belum bisa terekam sistem tilang elektronik sejak diberlakukan pada 1 November 2018. Sehingga, polisi memberlakukan tilang manual buat pelanggar.




(DRI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id