Manager Kampanye Energi dan Perkotaan Walhi Dwi Sawung. Foto: Cindy/Medcom.id
Manager Kampanye Energi dan Perkotaan Walhi Dwi Sawung. Foto: Cindy/Medcom.id

Walhi: Pemerintah Harus Tutup Pertambangan Ilegal

Nasional tambang emas liar
Cindy • 06 Mei 2019 15:58
Jakarta: Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) menyayangkan adanya pertambangan emas ilegal yang memakan korban di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Pemerintah diminta menindak tegas pertambangan ilegal.
 
"Seharusnya pemerintah bisa melarang atau menutup pertambangan ilegal. Apalagi yang sudah menimbulkan kematian, ini pun bukan hal pertama yang terjadi," ujar Manager Kampanye Energi dan Perkotaan Walhi Dwi Sawung di Kantor Walhi Jakarta Selatan, Senin, 6 Mei 2019.
 
Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) bisa memberikan data soal pertambangan emas ilegal kepada aparat hukum. Polisi juga harus dikerahkan untuk menjaga lokasi tambang tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Harusnya dijaga strategis punya kita dan milik negara. Kalau potensi emasnya tinggi, masa enggak dijagain. Kalau ada yang mengesploitasi tanpa izin sama saja mencuri, ditangkap saja," tuturnya.
 
Menurut dia, pertambangan emas ilegal juga dapat dilacak dengan mengetahui peredaran penjualan merkuri dan sianida. Sebab, produksi kedua barang itu terbatas dan mudah dilacak.
 
"Kalau pemerintah bisa melacak dua peredaran barang merkuri dan sianida, enggak ada lagi tambang ilegal," ucapnya.
 
Sebelumnya, empat penambang ditemukan tewas tertimbun longsor di area pertambangan ilegal di Kotabaru, Kalimantan Selatan, Minggu, 5 Mei 2019. Keempat orang tersebut yakni Syahruni, 25, Misdi, 35, Ali, 30, dan Tatung, 40. Sementara itu, satu penambang selamat dengan luka serius, yakni Sugeng, 35.
 
Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan kepolisian masih menyelidiki kronologi peristiwa tersebut. Ada beberapa kendala dalam penyelidikan ini karena lokasinya yang sulit dijangkau, yakni 15 kilometer dari Kecamatan Sungai Durian, yang ditempuh dengan jalan kaki sekitar 4-5 jam.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif