Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin. MI/Susanto
Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin. MI/Susanto

Kejagung Fokus Percepat Penghapusan Kemiskinan Ekstrem

Siti Yona Hukmana • 23 Mei 2022 13:33
Jakarta: Kejaksaan Agung (Kejagung) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dengan tema Peranan Kejaksaan dalam Mendukung Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan. Ada sejumlah fokus kebijakan Korps Adhyaksa dalam tema tersebut. 
 
"(Salah satunya) percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem," kata Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin dalam keterangan tertulis, Senin, 23 Mei 2022. 
 
Kemudian, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kesehatan dan pendidikan; penanggulangan pengangguran disertai peningkatan decent job atau pekerjaan yang layak. Lalu, mendorong pemulihan dunia usaha, revitalisasi industri dan penguatan riset terapan; dan pembangunan rendah karbon dan transisi energi (respons terhadap perubahan iklim); percepatan pembangunan infrastruktur dasar antara lain air bersih dan sanitasi; pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan fokus arah kebijakan berkesinambungan dengan tujuh Prioritas Nasional yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Ketujuh prioritas nasional itu ialah memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan. 
 
Kemudian, mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan; meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing. Selanjutnya, revolusi mental dan pembangunan kebudayaan, memperkuat infrastruktur untuk ekonomi dan pelayanan dasar, membangun lingkungan hidup, ketahanan bencana, dan perubahan iklim; serta memperkuat stabilitas politik, hukum, pertahanan, keamanan (Polhukhankam) dan transformasi pelayanan publik. 
 
Menurut dia, perlu menyusun draf rencana kerja dan anggaran Kejaksaan sesuai arah kebijakan pemerintah. Selain itu, harus sesuai juga dengan ketersediaan anggaran yang telah ditetapkan pada Pagu Indikatif Kejaksaan. 
 
Baca: Penerapan Pasal Pencucian Uang di Kasus Korupsi Tak Maksimal Selama 2021
 
"Sehingga, kita dapat secara optimal melaksanakan tugas dan fungsi kita guna menghadirkan penegakan hukum yang berkeadilan, bermanfaat dan berkepastian di Indonesia," ujar orang nomor satu di Korps Adhyaksa itu. 
 
Dia berharap keseriusan seluruh jajaran dalam menyusun anggaran dengan menggunakan pendekatan penganggaran berbasis program, dapat mengoptimalkan lokasi pendanaan. Khususnya, bagi program-program prioritas, tugas, fungsi kejaksaan yang selaras dengan pemerintah dalam mewujudkan visi Indonesia.
 
Musrenbang Kejaksaan RI Tahun 2022 dilaksanakan di Solo, Jawa Tengah pada 23-25 Mei 2022. Kegiatan digelar dengan mematuhi protokol kesehatan.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif