Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

KPK Kecewa Hukuman Idrus Marham Disunat MA

Nasional Korupsi PLTU Riau-1 Diskon Hukuman Koruptor
M Sholahadhin Azhar • 04 Desember 2019 05:22
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghormati putusan Mahkamah Agung (MA) atas kasasi Idrus Marham. Namun juru bicara KPK Febri Diansyah mengaku pihaknya kecewa berat.
 
"Kalau dilihat, dibandingkan putusan dua tahun dengan putusan di tingkat banding, apalagi dengan tuntutan KPK, tentu wajar bila kami sampaikan KPK cukup kecewa dengan turun secara signifikannya putusan di tingkat kasasi ini," ucap Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa malam, 3 Desember 2019.
 
KPK, kata dia, memang kecewa. Tetapi tak serta merta bereaksi atas putusan MA. Febri berharap ke depan ada kesamaan visi antarinstitusi terkait optimalisasi efek jera terhadap pelaku korupsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, koruptor harus menerima hukuman setimpal. Apalagi perbuatan itu berhasil dibuktikan dalam pengadilan. Kasus Idrus diharapkan bisa menjadi kontemplasi ke depan.
 
"Agar kerja yang dilakukan penyidik, penuntut umum, hakim di tingkat pertama, di tingkat kedua sampai di tingkat kasasi itu berada dalam visi yang sama soal pemberantasan korupsi," tukas Febri.
 
Terkait putusan kasasi, pihaknya akan mempelajari hal tersebut setelah menerima salinan dokumen itu. KPK juga belum mau berspekulasi soal wacana peninjauan kembali (PK).
 
"Belum ada pembahasan soal PK, kami akan pelajari nanti salinan putusan dan akan kami laksanakan, meskipun tadi ada beberapa catatannya," kata Febri.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif