KPK Tahan Bupati Kebumen
Bupati Kebumen M Yahya Fuad (tengah) ditahan KPK. (Medcom.id/Juven)
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahan Bupati Kebumen M Yahya Fuad. Yahya diperiksa setelah menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka kasus dugaan suap atas sejumlah proyek di lingkungan Kabupaten Kebumen.

Pantauan di lokasi, Yahya keluar langsung mengenakan rompi tahanan milik KPK. Dia irit bicara soal proses hukum yang dihadapinya, termasuk penahanannya itu.

"Jadi sudah diperiksa. Intinya nanti ditanyakan ke penyidik saja lah. Terima kasih ya," kata Yahya di Gedung KPK, Jakarta, Senin, 19 Februari 2018.


Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, Yahya ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Gedung Merah Putih KPK untuk 20 hari pertama. Menurutnya, penahanan dilakukan demi kepentingan penyidikan.

"Ditahan 20 hari pertama di Rutan Klas I Jakarta Timur cabang KPK," pungkas Febri.

KPK sebelumnya menetapkan Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuadsebagai tersangka dalam dua perkara. Yahya ditetapkan sebagai tersangka suap dan gratifikasi atas suap izin proyek di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kebumen, Jawa Tengah.

Selain Yahya Fuad, KPK juga ikut menetapkan dua orang tersangka lain. Salah satunya tim sukses Yahyaberinisial HA dan seorang pihak swasta berinisial KML.

Pada kasus suap, Yahya dan AH dijerat dengan pasal 12 huruf B Undang-undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sedangkan pada kasus gratifikasi, Yahya dan AH dijerat dengan pasal 12 huruf B Undang-undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sementara, KML selaku pihak pemberi gratifikasi dan suap dari pengadaan barang dan jasa APBD Kebumen itu dijerat dengan Pasal 5 ayat 1 atau b atau Pasal 13 UU Pemberantasan Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.‎



(LDS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360