Terdakwa kasus korupsi PT ASABRI Heru Hidayat. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Terdakwa kasus korupsi PT ASABRI Heru Hidayat. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Dituntut Hukuman Mati, Heru Hidayat Hadapi Vonis Hari Ini

Fachri Audhia Hafiez • 18 Januari 2022 07:05
Jakarta: Terdakwa kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Sosial Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI), Heru Hidayat, akan menjalani sidang vonis pada, Selasa, 18 Januari 2022. Komisaris PT Trada Alam Minera itu sebelumnya dituntut hukuman mati.
 
"Agenda untuk putusan," tulis laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), Selasa, 18 Januari 2022.
 
Perkara dengan nomor 50/Pid.Sus-TPK/2021/PN Jkt.Pst itu akan digelar di Ruang Kusuma Atmadja, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Tipikor (Tipikor) pada PN Jakpus. Sidang bakal dihelat pukul 10.00 WIB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Tuntutan Hukuman Mati Disebut Bertentangan dengan Konstitusi
 
Sebelumnya, jaksa penuntut umum menuntut Heru dengan pidana mati pada Senin, 6 Desember 2021. Heru dinilai mengulangi pidana karena sebelumnya terjerat megakorupsi di PT Asuransi Jiwasraya. Di kasus Jiwasraya, Mahkamah Agung mejatuhkan hukuman pidana penjara seumur hidup.
 
Kejahatan yang dilakukan Heru di kasus ASABRI juga dilakukan berulang sejak 2012-2019. Pengulangan yang dimaksud ialah pembelian dan penjualan saham yang mengakibatkan kerugian bagi ASABRI.
 
Kerugian keuangan negara dalam kasus ASABRI mencapai Rp22,788 triliun. Atribusi keuntungan yang dinikmati Heru mencapai lebih dari setengahnya, yakni Rp12,643 triliun.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif