Kejaksaan Agung. Foto: MI
Kejaksaan Agung. Foto: MI

3 Petinggi Garuda Indonesia Diperiksa Terkait Korupsi Pengadaan Pesawat

Nasional kasus korupsi Kejaksaan Agung Pemberantasan Korupsi Kasus korupsi Garuda Indonesia
Siti Yona Hukmana • 25 April 2022 19:05
Jakarta: Penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) terus mengusut kasus dugaan korupsi dalam pengadaan pesawat udara pada PT Garuda Indonesia (persero) Tbk. Pengusutan dilakukan lewat pemeriksaan tiga saksi dari perusahaan penerbangan tersebut.
 
"Dilakukan pemeriksaan terhadap tiga saksi terkait dugaan tindak pidana korupsi dalam pengadaan pesawat udara pada PT Garuda Indonesia (persero) Tbk. Tahun 2011-2021," kata Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana dalam keterangan tertulis, Senin, 25 April 2022.
 
Ketiga saksi diperiksa untuk tersangka AW, SA, dan AB. Para saksi itu ialah DH selaku Senior Manager Corporate Strategy and Business Development PT Garuda Indonesia (persero) Tbk.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, EL selaku Direktur Keuangan PT Garuda Indonesia (persero) Tbk. periode 2011-2012. Lalu, IA selaku VP Corporate Secretary & Corporate Legal PT Garuda Indonesia (persero) Tbk periode 2009-2015.
 
"(Ketiganya) diperiksa terkait pengadaan pesawat udara pada PT. Garuda Indonesia (persero) Tbk.Tahun 2011-2021, " ujar Ketut.
 
Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan. Namun, Ketut tak membeberkan hasil pemeriksaan karena masuk materi penyidikan.
 
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyeret tiga orang ke pengadilan terkait kasus ini. Mereka adalah mantan Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar, Beneficial Owner Connaught International PTE Ltd Soetikno Soedarjo, dan mantan Direktur Teknik dan Pengelolaan Armada Garuda Hadinoto Soedigno yang meninggal pada Desember 2021.
 
Baca: Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub Diperiksa Terkait Korupsi Garuda
 
Ketiganya terbukti bersalah di pengadilan melakukan pemberian dan penerimaan suap serta tindak pidana pencucian uang. Penyidikan yang dilakukan KPK terkait pengadaan mesin pesawat dan perawatan Rolls-Royce RR Trent 700 series, pesawat Airbus, Bombardier CRJ1000, dan ATR 72-600.
 
Sementara itu, tiga orang yang ditetapkan tersangka oleh Kejagung adalah Vice President Strategic Management Office Garuda periode 2011-2012 Setijo Awibowo (SA), Executive Project Manager Aircraft Delivery Garuda periode 2009-2014 Captain Agus Wahjudo (AW), dan Vice President Treasury Management Garuda periode 2005-2012 Albert Burhan (AB). JAM-Pidsus Kejagung menyidik dugaan korupsi terkait pengadaan pesawat Bombardier CRJ1000 dan ATR 72-600.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif