Pakar hukum dari Universitas Bhayangkara Slamet Pribadi. Metro TV
Pakar hukum dari Universitas Bhayangkara Slamet Pribadi. Metro TV

Hot Room

BNN Disarankan Segera Musnahkan Temuan Kokain di Selat Sunda

Nasional TNI AL BNN Penyelundupan Kasus Narkoba Hot Room
MetroTV • 11 Mei 2022 23:43
Jakarta: TNI Angkatan Laut (AL) menggagalkan penyelundupan narkoba jenis kokain di Selat Sunda pada Minggu, 8 Mei 2022. Pakar hukum dari Universitas Bhayangkara Slamet Pribadi menyarankan agar Badan Narkotika Nasional (BNN) tidak menyimpan barang bukti terlalu lama.
 
Saran tersebut sesuai dengan Pasal 91 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. “Menyimpan bukti narkotik atau temuan narkotik itu tidak boleh terlalu lama karena sifat kimiawi dan sifat sosial,” kata Slamet dalam tayangan Hot Room di Metro TV, Rabu, 11 Mei 2022.
 
Sifat kimiawi dalam barang bukti narkotika dapat membuat hasil timbangan saat ditemukan dan saat ingin dimusnahkan berbeda. Sementara itu, sifat sosial dapat terjadi karena petugas menyimpan dengan cara yang salah. Misalnya, dikonsumsi atau diambil 'sedikit' untuk dijual kembali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Hukum Acara Pidana Narkotika, barang bukti narkotika harus dimusnahkan dengan benar. Slamet menjelaskan temuan dari TNI AL harus dibuat berita acara penyerahan dan pemusnahan. Usai dibuat berita acara, barang bukti narkotika harus segera dibakar. (Hana Nushratu)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif