Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Sepi Orderan, Tukang Jahit Banting Setir Jadi Pencuri Motor

Nasional pencurian curanmor
Siti Yona Hukmana • 12 Oktober 2020 18:00
Jakarta: Tukang jahit, UN, 27 dan JN, 28, beralih profesi menjadi pencuri kendaraan bermotor (curanmor) roda dua. Keduanya nekat terjun ke dunia kriminal karena sepinya pesanan jahitan pakaian di tengah pandemi covid-19.
 
"Keduanya sudah kita tangkap. Satu pelaku berinisial JN yang berusaha melakuan perlawanan berhasil dilumpuhkan dengan tindakan tegas di tembak di bagian kaki," kata Wakil Kapolsek Tanjung Duren, Jakarta Barat, AKP Tribuana Roseno, melalui keterangan tertulis, Senin, 12 Oktober 2020.
 
Menurut dia, kedua pelaku terendus mencuri sepeda motor di kawasan Tanjung Duren. Aksi keduanya terungkap setelah polisi menyelidiki video pencurian yang viral di media sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua pelaku ditangkap di indekos di kawasan Tanjung Duren. Saat penangkapan, polisi menyita enam mata kunci leter T yang biasa digunakan pelaku untuk mencuri sepeda motor.
 
"Selain itu kita juga temukan tiga sepeda motor matic tanpa kelengkapan surat, yang merupakan hasil curian," imbuh Tribuana.
 
Kedua pelaku telah diinterogasi. Mereka diketahui telah menjual lima sepeda motor matic hasil curiannya ke penadah. Hasil pencurian itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena keduanya tidak memiliki penghasilan lain.
 
"Dijual dengan harga yang cukup murah," ujar Tribuana.
 
Tribuana menyebut dalam melancarkan aksinya kedua pelaku membagi peran masing-masing. Satu sebagai pemetik atau pencuri, yang lainnya memantau situasi di lokasi.
 
Baca: Spesialis Pencuri Elektronik Gereja di Sulut Ditangkap
 
"Setiap lokasi kejadian kedua pelaku sering bergantian peran, artinya keduanya mempunyai keahlian untuk melakuan pencurian" kata Tribuana.
 
Kedua pelaku telah ditahan di Mapolsek Tanjung Duren. Keduanya dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian, dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif