Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Meninggal, Bai'at 7 Anggota NII Sumbar Batal Dicabut

Nasional terorisme Teroris Penegakan Hukum Terduga Teroris Negara Islam Indonesia
Siti Yona Hukmana • 13 Mei 2022 15:16
Jakarta: Sebanyak tujuh anggota kelompok terorisme Negara Islam Indonesia (NII) batal ikut pencabutan bai'at pada Kamis, 12 Mei 2022. Mereka telah meninggal dunia. 
 
"(Sebanyak) tujuh orang meninggal dunia karena usia atau takdir," kata Kapolda Sumatra Barat (Sumbar) Irjen Teddy Minahasa melalui keterangan tertulis, Jumat, 13 Mei 2022. 
 
Teddy mengatakan mereka bagian dari 1.125 anggota NII Sumbar yang terdata pertama kali. Jumlah itu berkembang menjadi 1.157 orang. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi, ada penambahan anggota NII 32 orang, " ujar jenderal bintang dua itu. 
 
Baca: BNPT Sebut Kerja Sama Pentahelix Sukses Terapkan Deradikalisasi Narapidana
 
Dari 1.157 orang itu baru 1.134 orang yang mencabut bai'at. Jumlah itu terdiri atas 391 orang di Dharmasraya, 518 orang di Kabupaten Tanah Datar, dan 225 orang yang melakukan pencabutan bai'at dan pengucapan sumpah setia jilid III kepada NKRI di Aula Kantor Bupati Lima puluh Kota, Kamis, 12 Mei 2022. 
 
"Seluruhnya yang sudah melakukan cabut bai'at sejumlah 1.134, " ungkap Teddy. 
 
Dia memberikan tenggat waktu kepada anggota NII untuk mencabut bai'at hingga Jumat, 20 Mei 2022. Anggota NII menyatakan siap mencabut bai'at sebelum tenggat waktu itu tiba. 
 
"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya seluruh anggota NII yang telah sadar tanpa dipaksa-paksa menyatakan setianya kepada NKRI," ucap Teddy. 
 
Teddy mengatakan eks NII itu akan menjalani pembinaan dan pengawasan serta monitoring secara bersama-sama dengan stakeholder dan juga elemen bangsa. Hal tersebut guna mencegah dan menangkal segala bentuk paham radikal yang merongrong kesaktian Pancasila dan mengganggu keutuhan NKRI lewat anak bangsa itu. 
 
"Itu menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama seluruh elemen bangsa," ujarnya. 
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif