Pengacara tak Tahu Sjamsul Kembali Dipanggil KPK

Fachri Audhia Hafiez 26 Oktober 2018 23:21 WIB
kasus blbi
Pengacara tak Tahu Sjamsul Kembali Dipanggil KPK
Pengacara Sjamsul Nursalim, Maqdir Ismail. Foto: MI/Ramdani
Jakarta: Pengacara bos PT Gajah Tunggal Tbk Sjamsul Nursalim, Maqdir Ismail tak mengetahui ihwal pemanggilan kliennya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa, 23 Oktober 2018. Hari itu, Sjamsul juga tak memenuhi panggilan KPK.

"Saya enggak tahu. Sama sekali saya enggak tahu sudah ada panggilan atau belum. Nggak ada keluarga yang menghubungi saya bahwa ada panggilan itu," kata Maqdir di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 26 Oktober 2018.

Maqdir memastikan, Sjamsul bakal kooperatif atas panggilan KPK. Namun demikian, Maqdir belum bisa memastikan kapan Sjamsul dan istrinya, Itjih Nursalim dapat memenuhi panggilan lembaga Antirasuah tersebut.


"Ya nanti kita lihat. Saya enggak bisa jawab," singkat Maqdir.

Sjamsul dan istrinya Itjih Nursalim sudah empat kali mangkir dari panggilan penyidik KPK. Terhitung sejak 8-9 Oktober 2018 serta 22-23 Oktober 2018. Pemanggilan ini pengembangan atas putusan majelis hakim pengadilan Tipikor terhadap Kepala BPPN Syafruddin Arsyad Temenggung. 

Syafruddin telah dinyatakan bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor dalam perkara penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Ia divonis 13 tahun penjara dan denda Rp700 juta subsider tiga bulan kurungan. 

Baca: Sjamsul Nursalim Kembali Mangkir

Di terbukti merugikan negara sekitar Rp4,58 triliun atas penerbitan SKL BLBI kepada Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) yang mayoritas sahamnya dipegang oleh Sjamsul. Perbuatan Syafruddin telah memperkaya Sjamsul selaku pemegang saham pengendali BDNI tahun 2004.



(DMR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id