Wakil Ketua KPK Laode M Syarief. MI/Ramdani.
Wakil Ketua KPK Laode M Syarief. MI/Ramdani.

KPK Sita USD30 Ribu saat OTT Direksi Perum Perindo

Nasional OTT KPK Perum Perindo
Juven Martua Sitompul • 24 September 2019 06:02
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang dalam pecahan dollar Amerika Serikat saat operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta dan Bogor. Operasi senyap ini menjaring tiga direksi dari Perusahan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo).
 
“Tim mengamankan barang bukti berupa uang sebesar USD30 ribu atau lebih dari Rp400 juta,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa, 24 September 2019.
 
Laode mengatakan dari informasi awal, uang itu diduga bagian fee kuota ikan jenis tertentu yang diberikan Perum Perindo kepada pihak swasta. “Salah satu jenis ikan yang teridentifikasi saat ini adalah ikan jenis frozen pacific mackerel atau ikan salem," kata Laode.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPK menangkap sembilan orang di Jakarta dan Bogor, tiga di antaranya merupakan Direksi Perum Perindo. Kesembilan orang itu ditangkap saat tengah melakukan transaksi rasuah terkait impor ikan.
 
Berdasarkan situs resmi www.perumperindo.co.id, Perum Perindo memiliki tiga direksi. Tiga direksi itu yakni Direktur Utama (Dirut) Risyanto Suanda, Direktur Keuangan Arief Goentoro dan Direktur Operasional Farida Mokodompit.
 
Belum dijelaskan detail kasus suap yang melibatkan kesembilan orang tersebut. Informasi lengkap akan disampaikan dalam konferensi pers besok.
 
Kesembilan orang yang dicokok sudah berada di Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan intensif. Saat ini, KPK memiliki waktu 1X24 jam untuk menentukan status hukum kesembilan orang tersebut.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif