Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Indonesia Kembangkan Industri Pertahanan Nonmiliter

Nasional pertahanan negara
Candra Yuri Nuralam • 22 Januari 2020 14:06
Jakarta: Kementerian Pertahanan akan mulai mengembangkan industri nonmiliter pada tahun ini. Konsep nonmiliter sedang dikembangkan untuk mengikuti zaman.
 
"Industri nonmiliter tentunya akan selalu berkembang, tidak harus yang masa lalu dengan sekarang sama. Selalu update," kata Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono di Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Januari 2020.
 
Sakti mengatakan pengembangan industri pertahanan dalam negeri akan diarahkan mendukung kebutuhan postur pertahanan nonmiliter. Indonesia tinggal mengembangkannya untuk mendukung kebutuhan sipil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sakti menjelaskan ada tiga faktor penting untuk pengembangan industri nonmiliter, yakni pangan, energi, dan kesehatan. "Kita enggak ada pangan kan kita gimana? itu kan jadi bagian dari ketahanan juga. Nah itu kira-kira," ujar Trenggono.
 
Kementerian Pertahanan juga ingin melakukan terobosan baru. Di antaranya, melakukan evaluasi besar untuk menjalankan fungsi pertahanan.
 
"Jadi seluruhnya kita evaluasi, yang ada enggak jalan kita jalanin, misalnya pesawatnya yang belum bisa terbang kita terbangkan, dan seterusnya," kata dia.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif