Personel yang Gugur di Papua dapat Kenaikan Pangkat
Kapolri Jenderal Tito Karnavian - Medcom.id/Ilham Wibowo.
Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyampaikan duka mendalam kepada anggotanya yang gugur saat mengamankan Pilkada Serentak 2018 di Torere, Puncak Jaya, Papua. Kenaikan pangkat luar biasa diberikan atas dedikasinya kepada negara.

"Kami berduka, saya berikan kenaikan pangkat luar biasa," ujar Kapolri di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin, 2 Juli 2018.

Tito yang juga telah mengunjungi Papua pada Minggu, 1 Juli 2018, memerintahkan untuk melakukan pencarian. Hingga saat ini, seorang personel dan pendeta yang turut serta mengawal logistik pilkada belum diketahui keberadaannya. 


"Kemarin laporan satu ketemu, cukup jauh dari lokasi penembakan. Kita perlakukan sebagai gugur dalam rangka tugas," tuturd. 

Jenderal bintang empat itu berharap keberadaan satu anggota lain segera ditemukan. Koordinasi dengan jajaran TNI juga dilakukan dalam membantu proses pencarian. 

(Baca juga: Polisi Korban Penyerangan di Papua Ditemukan)

"Satu lagi anggota yang belum ketemu mudah-mudahan selamat, kita doakan, juga pendeta yang belum ketemu juga mudah-mudahan selamat," imbuh dia. 

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan satu jenazah polisi korban penyerangan kelompok bersenjata telah ditemukan. Dari hasil identifikasi, jenazah ialah Brigadir Sinton Kabarek.

"Saya dapat berita dari Papua Minggu, 1 Juli pukul 11.00 WIT, rekan kita Brigadir Sinton Kabarek sudah ditemukan jenazahnya," kata Setyo. 

Saat ini, jenazah Sinton tengah dievakuasi menuju Distrik Daw di Mamberamo Hulu. Belum ada informasi lebih detail terkait penemuan satu korban tersebut.

"Kami belum mendapatkan informasi mengenai kondisi jenazah dan penemuannya seperti apa, karena di sana juga susah sinyal sulit untuk berkomunikasi," kata Setyo.

Sementara satu polisi lain, Ipda Jesayas H Nusi belum ditemukan. Pencarian terus dilakukan. 





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id