Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Kasus Suap 15 Anggota DPRD Muara Enim Segera Disidangkan

Nasional KPK Kasus Suap kasus korupsi Penegakan Hukum
Fachri Audhia Hafiez • 22 April 2022 09:28
Jakarta: Kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa di Dinas PUPR dan pengesahan APBD Muara Enim pada 2019 segera disidangkan. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan berkas perkara 15 tersangka ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Palembang.
 
"Tim jaksa masih menunggu penetapan penunjukkan majelis hakim dan penetapan hari sidang pertama dengan agenda pembacaan surat dakwaan," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Jumat, 22 April 2022.
 
Para tersangka itu terdiri dari 10 anggota DPRD Kabupaten Muara Enim periode 2014-2019. Yaitu, Daraini, Eksa Hariawan, Elison, Faizal Anwar, Hendly, Irul, Misran, Tjik Melan, Umam Pajri, dan Willian Husin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Bupati Bintan Nonaktif Apri Sujadi Divonis 5 Tahun Penjara
 
Kemudian, lima anggota DPRD Kabupaten Muara Enim periode 2019-2023. Mereka yaitu, Agus Firmansyah, Ahmad Fauzi, Mardalena, Samudra Kelana, dan Verra Erika.
 
Para tersangka didakwa dengan Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP. Begitu juga dengan penahanan 15 tersangka masih dilanjutkan.
 
"Wewenang penahanan sepenuhnya sudah beralih ke Pengadilan Tipikor dan saat ini tempat penahanan masih dititipkan di beberapa rumah tahanan (Rutan) KPK," ucap Ali.
 
Agus, Fauzi, dan Daraini mendekam di Rutan KPK cabang Gedung Merah Putih. Lalu, Elison, Faizal, dan Samudra mendekam di Rutan KPK cabang Kavling C1.
 
Sementara itu, Eksa, Hendly, Irul, Misran, Melan, Umam, dan William mendekam di Rutan KPK cabang Pomdam Jaya Guntur. Kemudian, Mardalena dan Verra ditahan di Rutan Polres Jakarta Selatan.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif