Ilustrasi Polri. Medcom.id
Ilustrasi Polri. Medcom.id

Kapolri Lantik Perwira Tinggi dan Menengah Polri

Theofilus Ifan Sucipto • 29 Juni 2022 15:44
Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin serah terima jabatan (sertijab) di lingkungan Polri. Sertijab itu menyangkut sejumlah perwira tinggi (pati) maupun perwira menengah (pamen).
 
"Bapak Kapolri melantik Dankor (Komandan Korps) Brimob dan Kapusdokkes (Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan)," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 29 Juni 2022.
 
Komandan Korps (Dankor) Brimob Polri dijabat Anang Revandoko yang diganjar pangkat Komjen. Kemudian, Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Kapusdokkes) Polri tetap dijabat Asep Hendradiana. Namun, Asep naik pangkat dari Brigjen menjadi Irjen atau bintang dua. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kapolri juga melantik tiga Kapolda. Mulai dari Kapolda Lampung, Kapolda Gorontalo, hingga Kapolda Papua Barat.
 
Jabatan Kapolda Lampung diisi Irjen Akhmad Wiyagus. Akhmad Wiyagus menggantikan Irjen Hendro Sugiatno yang akan ditempatkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub).
 
Sementara itu, posisi Kapolda Gorontalo akan diisi Irjen Helmi Santika. Helmi merupakan Kors Ahli Kapolri dan mantan Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri, yang juga sempat menjadi Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Pangan. 
 
Jabatan Kapolda Papua Barat akan diisi Irjen Daniel Tahi Silitonga.  Daniel Tahi menggantikan Irjen Tornagogo Sihombing.
 
Tornagogo dirotasi menjadi Wakil Inspektur Pengawasan Umum (Wairwasum) Polri. Dia menggantikan Irjen Eky Hari Festyanto yang akan pensiun.
 
Kapolri juga merotasi jabatan Kabag Penum Mabes Polri. Jabatan tersebut diisi Kombes Nurul Azizah. Nurul menggantikan Kombes Gatot Repli Handoko yang dipromosikan menjadi Brigjen dengan jabatan Karo Multimedia.
 
"Bapak Kapolri juga memberi kenaikan pangkat untuk beberapa golongan," papar dia.
 

Baca: Kabag Penum Divisi Humas Polri Kini Dipegang Polwan


Dedi memerinci ada 15 orang yang naik pangkat di golongan pati. Kemudian, jabatan Kombes 110 orang, AKBP 443 orang, Kompol 303 orang, dan AKP 205 orang.
 
"Berikutnya Iptu 572 orang serta Ipda 597 orang," jelas jenderal bintang dua itu.

 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif