ilustrasi KPK-MI
ilustrasi KPK-MI

KPK Belum Terima Pengembalian Uang dari Menpora

Nasional OTT Pejabat Kemenpora
Juven Martua Sitompul • 15 Mei 2019 17:25
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga kini belum menerima pengembalian uang dari pejabat Kemenpora yang diduga bagian suap dana hibah KONI. Termasuk, uang dari Menpora Imam Nahrawi dan staf ahlinya Miftahul Ulum.
 
"Belum ada informasi soal uang yang sudah dikembalikan," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2019.
 
Pada persidangan sebelumnya, terungkap adanya aliran uang untuk Imam sebanyak Rp400 juta dari pejabat KONI melalui Ulum. Pemberian uang itu menambah daftar total uang yang diterima Imam sebelumnya yakni Rp11,5 miliar dan Rp3 miliar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan kalau ada pengembalian itu, sebenarnya bisa dilihat, diproses persidangan, semua fakta dan bukti-bukti dibuka di sana," ujar Febri.
 
Febri masih menjawab diplomatis jika pihak Kemenpora, khususnya Imam dan Ulum bersikap tak kooperatif. Imam dan Ulum beberapa kali membantah menerima aliran uang dari KONI terkait pencairan dana hibah tersebut.
 
Dalam persidangan, jaksa penuntut KPK menilai bantahan Imam dan Ulum tidak relevan dengan saksi dan bukti yang dikantongi penyidik. Bahkan, jaksa penuntut meminta hakim mengesampingkan bantahan Imam.
 
"Jadi nanti kita tunggu bagaimana analisis JPU pada fakta-fakta sidang, serta bagaimana hakim melihat hal itu," pungkasnya.
 
Keterlibatan Imam terus diselisik KPK. Disinyalir, Imam berperan dalam dugaan suap ini. Peran Imam bahkan disebut KPK cukup signifikan.
 
Dugaan itu menguat setelah penyidik menggeledah ruang kerja Imam, Kamis, 20 Desember 2018. Dokumen, proposal dan catatan pembahasan hingga pencairan dana hibah Kemenpora untuk KONI diangkut penyidik dari ruangan politikus PKB tersebut.
 
Dalam perkara ini Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy beserta Bendahara Umum KONI Johny E Awuy didakwa menyuap pejabat Kemenpora. Suap itu untuk mempercepat proses persetujuan dan pencairan bantuan dana hibah yang diajukan KONI Pusat kepada Kemenpora pada tahun kegiatan 2018.

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif