Polda Metro Jaya merilis penangkapan pemalsu mata uang asing. Medcom.id/Siti Yona
Polda Metro Jaya merilis penangkapan pemalsu mata uang asing. Medcom.id/Siti Yona

Tiga Pemalsu Mata Uang Asing Ditangkap

Nasional pemalsuan
Siti Yona Hukmana • 08 April 2019 22:20
Jakarta: Polisi menangkap tiga pelaku pemalsuan uang dolar Amerika Serikat dan Euro di Telaga Golf Bojongsari, Sawangan, Depok. Ketiga pelaku itu yakni HW alias W, 53, GHA alias G, 39, dan M alias S, 41.
 
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, ketiganya ditangkap pada Senin, 25 Maret 2019. Pengungkapan bermula dari laporan masyarakat.
 
"Bahwa adanya kegiatan jual beli uang dolar AS dan Euro palsu. Masyarakat ini mencurigai, kemudian melaporkan ke polisi," kata Argo di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 8 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Argo menjelaskan laporan masyarakat terkait kasus ini teregistrasi dengan nomor LP/303/III/2019/PMJ/Ditreskrimum, tanggal 25 Maret 2019. Atas laporan ini, kata Argo, Resmob dari Kanit 3 langsung membuat tim dan turun ke lapangan di daerah Sawangan, Depok.
 
Argo mengatakan, tim melakukan teknik dan taktis untuk mencari informasi nomor telepon salah satu tersangka. Kemudian, petugas melakukan komunikasi janji bertemu untuk melakukan transaksi jual beli uang palsu.
 
"Tersangka mengatakan bahwa barang berupa uang palsu tersebut hanya tersedia mata uang asing USD pecahan 100 sebanyak 100 seratus lembar dan mata uang asing EUR pecahan 500 sebanyak 100 lembar," beber Argo.
 
Anggota yang menyamar bertemu pelaku pada Senin, 25 Maret 2019 di Telaga Golf Bojongsari, Sawangan, Depok. Saat bertemu, kata Argo, datang dua orang tersangka yakni HW alias W dan GHA alias G.
 
Pelaku membawa alat ultraviolet untuk meyakinkan korban bahwa uangnya asli. Secara kasat mata, mata uang asing yang diperjualbelikan itu tampak seperti aslinya.
 
"Setelah melakukan transaksi jual beli dengan petugas, langsung dilakukan penangkapan terhadap kedua tersangka dan mengamankan barang bukti," jelas Argo.
 
Setelah diinterogasi, GHA alias G mengaku mendapatkan barang uang palsu dari tersangka M alias S. Kemudian petugas langsung melakukan penangkapan terhadap M alias S tersebut.
 
"Setelah M alias S dimintai keterangan, dia mengaku mendapatkan uang itu dari orang lain juga. Sekarang masih dicari," imbuh Argo.
 
Ketiga tersangka dijerat Pasal 245 KUHP. Ancaman hukumannya pidana penjara paling lama 15 tahun.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif