Ilustrasi polisi. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi polisi. Medcom.id/M Rizal

749 Polisi Jaga Lalin saat Libur Panjang

Nasional lalu lintas mudik libur panjang
Siti Yona Hukmana • 25 Oktober 2020 00:49
Jakarta: Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan personel pengamanan arus lalu lintas saat libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW pada Rabu, 28 Oktober 2020 hingga Minggu, 1 November 2020. Pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan.
 
"Untuk pengamanan yang libur panjang itu kita siapkan 749 personel," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu, 24 Oktober 2020.
 
Sambodo mengatakan 749 personel itu merupakan gabungan anggota Ditlantas Polda Metro Jaya dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres jajaran di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Pengamanan libur panjang ini berbarengan dengan Operasi Zebra 2020 yang digelar dua pekan mulai Senin, 26 Oktober 2020 hingga 8 November 2020.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sambodo telah membagi personelnya untuk pengamanan jalan mengantisipasi libur panjang dan penindakan pelanggaran lalu lintas. Dia memastikan dua kegiatan itu tidak berbenturan.
 
"Operasi Zebra kita enggak ada razia, kita sifatnya hunting di mana titik-titik yang menjadi kerawanan pelanggaran di situ yang kita laksanakan. Lalu titiknya berbeda dengan pengamanan libur panjang dan penindakan operasi zebra," ungkap Samboso.
 
Baca: 622 Ribu Kendaraan Diprediksi Keluar Jakarta Saat Libur Panjang
 
Ditlantas Polda Metro juga mendirikan 15 pos pengamanan mengantisipasi libur panjang. Sebanyak 10 pos utama berada di tol, antara lain Cikunir KM 9, rest area Cikarang Utama, rest area 33, rest area 39, dan rest area lainnya.
 
Lalu, tiga pos pengamanan di jalan-jalan arteri. Yakni di daerah Pangkalan Jati, sekitar Bekasi Cyber Park, hingga Jalan Gandasuka.
 
"Terus yang dua lagi itu tetap Pos Semanggi dan Pos Cawang tetap kita isi (personel). Kalau nanti ada contra flow, ada one way kan pusatnya di situ," kata Sambodo.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif