Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mempersiapkan logistik Pemilu 2019 sebelum didistribusikan ke tempat pemungutan suara (TPS) di Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: ANTARA/Arnas Padda)
Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mempersiapkan logistik Pemilu 2019 sebelum didistribusikan ke tempat pemungutan suara (TPS) di Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: ANTARA/Arnas Padda)

63 Tahanan Korupsi Nyoblos di Rutan KPK

Nasional terpidana korupsi pemilu serentak 2019
Damar Iradat • 15 April 2019 14:16
Jakarta: Sebanyak 63 tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 di rumah tahanan KPK di belakang Gedung Merah Putih, Kuningan, Jakarta Selatan. KPK telah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyediakan tempat pemungutan suara (TPS) di rutan.
 
"Jadi untuk penegasan semua tahanan KPK memilih di lokasi Gedung ‎Merah Putih di TPS 12 yang disetujui oleh KPU. Disebut TPS 12 Guntur Rutan Merah Putih karena cabang dari TPS 12 Guntur," kata Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, 15 April 2019.
 
Saut menjelaskan tahanan yang ikut mencoblos di Gedung Merah Putih ‎KPK berasal dari Rutan K4, Rutan C1, dan Rutan Pomdam Jaya, Guntur. Mereka akan difasilitasi haknya untuk mencoblos pada 17 April 2019, di TPS 12 cabang Guntur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, sebanyak 104 tahanan lainnya yang dititipkan di luar Rutan KPK, akan mencoblos di wilayah masing-masing. Beberapa tahanan dititipkan di sejumlah rutan di wilayah Polda Metro Jaya.
 
"‎Tahanan KPK seluruhnya saat ini termasuk titipan di luar rutan KPK sebanyak 167 orang, 104 titipan, dan 63 di Rutan KPK," jelas Saut.
 
Baca juga:Jabar Mulai Distribusikan Surat Panggilan Nyoblos
 
Pemilu 2019 tinggal menghitung hari. Sebanyak 192 juta warga yang memiliki hak pilih juga sudah tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT).
 
Pemilu kali ini bakal dilangsungkan serentak, baik pilpres maupun pileg. Untuk pilpres terdapat dua pasangan calon, yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
 
Jokowi-Ma'ruf didukung PDI Perjuangan, Partai NasDem, PKB, PPP, Hanura, Partai Golkar, PSI, Perindo, PKPI, dan PBB. Sementara, Prabowo Sandi didukung oleh Partai Gerindra, PKS, PAN, Partai Demokrat, dan Partai Berkarya.
 
Sementara, Pileg kali ini diikuti oleh 20 partai. Ada 16 partai yang berpartisipasi dalam Pemilu kali ini di tingkat nasional, yakni; Partai NasDem, PDI Perjuangan, Partai Golkar, PPP, Partai Hanura, Partai Perindo, PSI, PKPI, PBB, PDI Perjuangan, PKB. Kemudian Partai Gerindra, PKS, PAN, Partai Demokrat, dan Partai Berkarya.
 
Sedangkan, empat partai lainnya khusus Pileg di provinsi Aceh. Keempat partai itu adalah Partai Aceh, Partai Daerah Aceh, Partai Nangroe Aceh, dan Partai SIRA.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif