NEWSTICKER
Ilustrasi- Salah satu kantor Abu Tour di Palembang. MI/Dwi Apriani.
Ilustrasi- Salah satu kantor Abu Tour di Palembang. MI/Dwi Apriani.

Korban Abu Tour Bantah Tertipu Karena Harga Murah

Nasional Abu Tours Travel
Sunnaholomi Halakrispen • 12 April 2018 22:34
Jakarta: Korban penipuan agen perjalanan umrah Abu Tours tak mau disebut korban umrah murah. Mereka mengeluarkan banyak uang untuk membeli paket umrah.
 
Salah satu korban, Ristiawan, mengaku korban Abu Tours membeli paket umrah dengan harga berbeda.
 
"Tidak tepat juga kalau bilang kita yang berkumpul di sini korban dari umrah murah. Karena banyak juga teman-teman jemaah yang membayar di atas Rp23 juta," kata Ristiawan di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis, 12 April 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ristiawan mengeluarkan uang sebesar Rp19,5 juta untuk satu paket umrah. Ia menyebut, korban yang mendaftar kategori haji plus bahkan mengalami kerugian ratusan juta.
 
"Untuk yang haji plus di atas Rp100 juta bayarannya," tutur Ristiawan.
 
Ristiawan menyebut, rata-rata korban tak mendaftar melalui agen. Pendaftaran dilakukan langsung ke kantor agen perjalanan Abu Tours.
 
"Jadi (korban) mencakup semua cabang Abu Tours yang ada di Jakarta. Mulai dari Cinere, Cisalak, Tebet, Mampang, Bintaro, dan di Ciputat juga. Jadi lebih dari enam cabang," imbuhnya.
 
Ristiawan mengaku telah memikirkan secara matang sebelum menggunakan jasa Abu Tours. Para korban juga telah mengkonfirmasi rekam jejak itu kepada asosiasi agen perjalanan umrah.
 
Abu Tours pun disebut memiliki izin dan tak ada rekam jejak penipuan. Selain itu, biaya setiap paket umrah pun cukup mahal.
 
"Izinnya itu sampai tahun 2017 dan diperpanjang Juli 2017. Kedua, bukan karena murah tapi dengan pertimbangan waktu di bulan Januari 2017. Angka Rp19,5 juta itu bukan harga yang murah. Jadi kalau dibilang wajar tertipu karena murah, itu tidak karena satu dia berizin dan harganya normal," jelas dia.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif