JPU Hadirkan Penyidik KPK di Sidang Fredrich

Faisal Abdalla 07 Mei 2018 12:59 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
JPU Hadirkan Penyidik KPK di Sidang Fredrich
Terdakwa kasus merintangi penyidikan kasus korupsi KTP elektronik Fredrich Yunadi (kiri) bersama dengan penasehat hukumnya mendengarkanketrangan saksi pada sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (26/4/2018). Foto: MI/Moh. Irfan
Jakarta: Persidangan lanjutan perkara merintangi penyidikan kasus korupsi Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (KTP-el) dengan terdakwa Fredrich Yunadi kembali dilanjutkan. Agenda sidang masih mendengarkan keterangan saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Hari ini kami menghadirkan satu orang saksi ahli dan satu saksi fakta," kata Jaksa KPK, Roy Riady di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin, 7 Mei 2018

Saksi ahli yang bakal dihadirkan jaksa KPK adalah Akmal Taher, seorang profesor di bidang kedokteran. Sementara saksi fakta yang dihadirkan adalah penyidik KPK yang ikut menangani perkara korupsi dengan terdakwa mantan ketua DPR RI, Setya Novanto.


"Saksi yang kami hadirkan ini saksi penyidik KPK yang ada kaitannya dengan perkara KTP-el dengan terdakwa Setya Novanto," kata Roy.

Fredrich Yunadi ditetapkan sebagai tersangka merintangi penyidikan kasus dugaan korupsi proyek KTP-el yang menjerat Setya Novanto. Bekas kuasa hukum Novanto itu diduga memanipulasi data medis kliennya dan mengatur RS Medika Permata Hijau untuk menghindari pemeriksaan KPK pada pertengahan November 2017.

Atas perbuatannya, Fredrich dijerat dengan Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.



(MBM)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id