Atiqah Hasiholan Belum Jenguk Ratna Sarumpaet
Aktivis Ratna Sarumpaet saat dibawa ke Mapolda Metro Jaya. MI/Pius Erlangga.
Jakarta: Anak bungsu aktivis Ratna Sarumpaet, Atiqah Hasiholan, belum terlihat menjenguk ibunya di rumah tahanan (rutan) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya. Ratna sudah mendekam di ruang tahanan selama lima hari.

"Belum (Atiqah Hasiholan belum jenguk) mengingat belum kondusif untuk Mbak Atiqah. Dia juga mempunyai anak kecil," ujar Kuasa Hukum Ratna Sarumpaet, Desmihardi, kepada Medcom.id, Selasa, 9 Oktober 2018.

Sementara anak keduanya yakni Fathom Saulina sering mendatangi rutan. Fathom adalah anak yang mengawal Ratna saat ditangkap di Bandara Soekarno Hatta pada Kamis, 4 Oktober 2018 malam.


"Kalau Mbak Fathom dari sejak awal menemani Ibu Ratna. Malah yang menjamin kemarin surat pengalihan surat penahanan (penahanan kota) itu Mbak Fathom," jelas dia.

Baca: Polisi Diminta Tak Terpengaruh Pihak Manapun pada Kasus Ratna Sarumpaet

Anak pertama Ratna, Mohamad Iqbal, dan anak ketiganya Ibrahim juga telah mendatangi rutan. Mereka berdua datang pada Sabtu, 6 Oktober 2018. Namun, kehadirannya tidak bisa diterima oleh petugas. Pasalnya, rutan hanya menerima kunjungan pada Senin hingga Kamis.

Ratna mengaku menyebarkan berita bohong tentang penganiayaan. Dia lantas ditangkap di Bandara Soekarno Hatta pada Kamis, 4 Oktober 2018 malam. Ratna menyandang status tersangka dan telah ditahan sejak Jumat, 5 Oktober 2018, hingga 20 hari ke depan.

Ratna dijerat Pasal 14 Undang-Undang (UU) 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Ia terancam hukuman 10 tahun penjara.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id