Ratna Sarumpaet Tanyakan Perkembangan Berkas
Aktivis Ratna Sarumpaet saat dibawa ke Mapolda Metro Jaya. Foto: MI/Pius Erlangga
Jakarta: Kuasa Hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin, akan menyambangi Polda Metro Jaya. Kedatangannya untuk menanyakan berkas yang sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta.

"Agenda kami datang menanyakan sejauh mana berkas tahap I yang dikirim itu, apakah sudah ada jawaban dari kejaksaan atau belum," kata Insank kepada Medcom.id, Jumat, 16 November 2018.

Pelimpahan berkas tahap I kasus penyebaran berita bohong yang menjerat Ratna dilakukan pada Kamis, 8 November 2018. Polisi menunggu hasil evaluasi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).


Lebih lanjut, selain menemui penyidik Insank mengaku juga akan mendatangi ruang tahanan Ratna Sarumpaet. Dia akan memeriksa kondisi kesehatan Ratna.

"Saya datang sendiri. Saya akan berkunjung ke Ibu Ratna. Saya lihat kondisinya nanti sebentar," ujar Insank.

Baca: Ratna Sarumpaet Ditangkap

Insank berharap berkas perkara yang menjerat kliennya segera diselesaikan oleh penyidik. "Berkasnya kami minta dipercepat," tandas dia.

Ratna menjadi tersangka setelah menyebarkan informasi bohong dengan mengaku dianiaya sejumlah orang di Bandung, Jawa Barat, pada Selasa, 21 September 2018. Namun, polisi menemukan di hari yang sama Ratna sedang dirawat usai operasi plastik di Jakarta.

Atas kebohongannya, ia dikenai Pasal 14 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Ia terancam hukuman 10 tahun penjara.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id