Eni Minta Kotjo Siapkan SG$400 Ribu untuk Idrus
Tersangka kasus suap Eni Maulani Saragih--ANT/Sigid Kurniawan
Jakarta: Terdakwa Johannes Budisutrisno Kotjo mengaku sempat dimintai uang oleh politikus Partai Golkat Eni Maulani Saragih sebesar SG$400 ribu. Uang itu diduga diminta Eni untuk kepentingan mantan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham.

Awalnya, jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menampilkan bukti percakapan antara Kotjo dan Eni dalam sebuah pesan singkat. Dalam percakapan itu, Eni menyebut Idrus meminta untuk menemui Kotjo.

"Kalau enggak salah, (percakapan) waktu itu (Idrus) mau menjadi ketum (ketua umum Golkar) yang baru," kata Kotjo saat diperiksa sebagai terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 15 November 2018.


Baca: Idrus Ngotot Golkar Bersih dari PLTU Riau-I

Menurut dia, permintaan itu datang tak lama setelah Setya Novanto yang menjabat sebagai ketua umum ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena terlibat kasus korupsi KTP elektronik. Menurut Kotjo, saat itu Eni menyebut jika Idrus butuh dana untuk mengonsolidasi pimpinan DPD I.

Kotjo menjelaskan saat itu Idrus membutuhkan SG$400 ribu. Uang itu rencananya dibagikan ke 40 orang pimpinan DPD I Partai Golkar. "Jadi waktu untuk mengonsolidasikan itu perlu uang SG$400 ribu, masing-masing SG$10 ribu. Ada 40 orang itu," jelas Kotjo.

Kotjo menyatakan saat itu ia tak langsung menyanggupi permintaan Eni. Pasalnya, saat itu akhir pekan dan ia tidak bisa menyiapkan uang tersebut.

"Saya bilang enggak bisa caranya begitu, minta uang begitu harus, pertama sudah weekend, sudah malam, terus akhirnya saya bilang paling cepat minggu depan," tutur Kotjo.

|||

Berikut petikan bukti percakapan Eni dan Kotjo pada 17 November 2017 yang ditampilkan di persidangan:

Eni: Pak Kotjo, besok pleno DPP untuk menetapkan sekjen, Plt, ketum. Tadi Bang Idrus minta saya hubungi Pak Kotjo, Bang Idrus minta tolong Pak Kotjo. Bang Idrus butuh bapak hari ini untuk konsolidasi katanya buat ongkos DPD I.

Kotjo: Kapan dan berapa, Bu?

Eni: Malam ini ada pertemuan di Sultan, jadi sore ini sudah siap, kasih SG$10 ribu per DPD I, kalau bisa sore ini 400 ribu dollar singapura.

Kotjo: Enggak mungkin ibu, bank tutup weekend. Paling cepat Selasa.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id