Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Muncul Bursa Calon Kapolri, Mabes Polri: Tunggu Keputusan Presiden

Nasional polri Calon Kapolri
Siti Yona Hukmana • 12 November 2020 20:04
Jakarta: Mabes Polri ogah ambil pusing soal prediksi bursa calon Kapolri yang dimunculkan Indonesia Police Watch (IPW). Ada tiga perwira tinggi (pati) Polri yang diprediksi IPW menggantikan Jenderal Idham Azis sebagai orang nomor satu di Korps Bhayangkara.
 
"Penunjukan Kapolri adalah hak prerogatif dari Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo). Jadi, mari kita sama-sama kita tunggu, bagaimana keputusannya nanti," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 12 November 2020.
 
Idham akan memasuki masa pensiun pada awal 2021. Sebanyak tiga Pati Polri yang diprediksi menggantikan posisi Idham, yakni Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfhi, dan Kapolda Jawa Timur Irjen M Fadil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Awi menghormati prediksi itu. Namun, dia menegaskan sosok pengganti Idham hanya akan keluar dari Presiden, bukan IPW atau pihak lainnya.
 
"Tentunya kami sangat menghormati itu pendapat dari yang di luar Polri terkait dengan mengkait-kaitkan bursa Kapolri," ujar jenderal bintang satu itu.
 
Baca: 10 Ribu Paket Sembako Polri Disebar ke Seluruh Indonesia
 
Selain memunculkan tiga nama dalam bursa Kapolri, Ketua Presidium IPW Neta S Pane memprediksi Komandan Korps Brimob, Irjen Anang Revandoko, akan naik pangkat menjadi bintang tiga dan masuk bursa calon Kapolri. Peluang Anang diyakini sangat terbuka lebar
 
Apalagi, lanjut Neta, akan ada 30 jenderal pensiun menjelang pergantian Kapolri. Para jenderal yang akan purnatugas itu terdiri atas tiga komisaris jenderal (komjen), delapan inspektur jenderal (irjen), dan 19 brigadir jenderal (Brigjen).
 
Pati yang paling banyak akan pensiun adalah alumni Akpol angkatan 86 sebanyak 15 jenderal. Terdiri atas empat Irjen dan 11 Brigjen.
 
Kemudian, Akpol 85 yang akan pensiun ada 14 jenderal, tiga Komjen, empat Irjen, dan tujuh Brigjen. Di Akpol 87 ada satu jenderal yang akan pensiun dengan pangkat Brigjen.
 
"Begitu juga Akpol 88. Teman satu angkatan Idham Azis (Kapolri) hanya satu Brigjen yang pensiun, yakni Brigjen Ahmad Fachruzzaman yang pensiun 10 Januari," ungkap Neta.
 
Pati lainnya yang akan pensiun adalah Kepala BNN, Komjen Heru Winarko pada 1 Desember 2020. Kemudian, Sekjen Kementerian KKP, Komjen Antam Novambar, dan Sekretaris Utama Lemhanas Komjen Didid Widjarnardi.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif