Kepala PPATK Ivan Yustiavandana. Foto: Medcom.id/Kautsar WIdya Prabowo.
Kepala PPATK Ivan Yustiavandana. Foto: Medcom.id/Kautsar WIdya Prabowo.

Aliran Dana ACT Diduga Mengalir ke Anggota Al Qaeda

Kautsar Widya Prabowo • 06 Juli 2022 16:05
Jakarta: Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) tengah menelusuri aliran keuangan milik organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Temuan teranyar, PPATK mengendus adanya aliran dana ACT ke rekening seseorang yang terafiliasi dengan kelompok teroris Al Qaeda.
 
"Berdasarkan hasil kajian dari database yang PPTK miliki ada yang terkait dengan pihak yang, ini masih diduga yang bersangkutan (penerima) pernah ditangkap menjadi satu dari 19 orang yang ditangkap kepolisian Turki karena terkait dengan Al Qaeda," ujar Kepala PPATK Ivan Yustiavandana dalam konferensi pers di Gedung PPATK, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Juli 2022.
 
Ivan tidak menjelaskan secara detail kapan transaksi terlarang tersebut dilakukan. Pihaknya mengaku masih melakukan pendalaman keterkaitan ACT dengan kelompok Al Qaeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini masih kajian lebih lanjut, ini memang ditujukan aktvitas lain atau kebetulan," terang dia.
 

Baca: PPATK Blokir 60 Rekening Milik ACT


Selain itu, Ivan menemukan aliran keuangan ACT yang secara tidak langsung mengarah kepada aktivitas yang melanggar ketentuan perundang-undangan. Namun, Ivan juga tidak menjelaskan secara jelas maksud aktivitas tersebut.
 
Namun, pihaknya hingga saat ini telah memblokir 60 rekening milik ACT di 33 bank. Jumlah rekening yang akan diblokir dipastikan masih akan bertambah.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif