NEWSTICKER
Wakil Presiden Boediono--Antara/Jeri Wongiyanto
Wakil Presiden Boediono--Antara/Jeri Wongiyanto

Kasus Century, Langkah Boediono dan SMI Benar

Nasional century sidang century
Mufti Sholih • 25 Maret 2014 15:13
medcom.id, Jakarta: Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Denni P Purbasari, menilai langkah mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono dan mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani tepat dalam menyelamatkan Bank Century. Sebab hal itu dilakuan guna menyikapi krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 2008.
 
"Langkah Boediono dan Sri Mulyani Indrawati selamatkan ekonomi dengan bailout Bank Century sangat benar," kata Denni dalam diskusi peluncuran buku 'Bola Liar Kasua Century' di Wisma ANTARA, Jakarta, Selasa (24/3/2014).
 
Denni menyebut, penyelamatan yang dilakukan lantaran kondisi ekonomi Indonesia sedang krisis. Hal itu, kata dia, nampak dari semua indeks yang menujukan krisis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua indikator pasar saham kala itu tak bisa bohong. Ada tekanan, tekanan menguantifikasi dengan indeks. Sehingga situasi saat itu bisa dikatakan krisis. Bank Indonesia sendiri saat itu bilang krisis. Indeks ini tak bohong," jelasnya.
 
Namun, kata dia, pemerintah saat itu tak mengabarkan ke semua pihak, jika krisis ekonomi tengah melanda Indonesia. "Pemerintah saat itu melakukan fungsi parental, dan pemerintah tak berbohong soal krisis. Tapi di belakang mereka harus akrobat menangani krisis. Sehingga tak semua informasi bisa dilempar ke pasar," imbuhnya.
 
Untuk itu, kata dia, langkah Boediono dan Sri Mulyani sangat jitu. "Karena mereka takut terjadi krisis yang bersifat sistemik seperti 1997. Untuk menghindari itu maka dilakukan tindakan preentif dengan menyelamatkan Bank Century," tegasnya.
 

(LAL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif