Ilustrasi polisi lalu lintas. MI/Saskia Anindya Putri.
Ilustrasi polisi lalu lintas. MI/Saskia Anindya Putri.

Seragam Polantas akan Dilengkapi Kamera Pengawas

Nasional polri lalulintas
Candra Yuri Nuralam • 14 Oktober 2019 18:30
Jakarta: Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan melengkapi seragam polisi lalu lintas dengan kamera pengawas. Tindak-tanduk petugas pun akan terlihat di lapangan.
 
"(Tujuannya) untuk melihat kegiatan dan tindakan anggota di lapangan dalam pengawasan," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, 14 Oktober 2019.
 
Nasir menjelaskan kamera akan ditempel di saku seragam anggota. Kamera itu juga bisa merekam suara dan terkoneksi langsung dengan ruang kontrol Polda Metro Jaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kamera juga bisa melakukan streaming selama lebih dari delapan jam tanpa henti. Anggota tidak akan bisa mematikan kamera tanpa persetujuan Polda Metro Jaya.
 
Kamera itu juga bisa digunakan merekam pelanggar lalu lintas saat ditindak petugas. Percakapan antara pelanggar dan petugas bisa diketahui ruang kontrol Polda Metro Jaya.
 
"Body camera juga untuk menindak pelanggar lantas secara elektronik. Alat itu dapat diarahkan ke sasaran dari back office (ruang kontrol Ditlantas Polda Metro Jaya)," ujar Nasir.
 
Petugas juga bisa meminta bantuan menggunakan kamera itu. Petugas bisa langsung menghubungi pusat kontrol tanpa perlu menghubungi polsek atau polres sekitar.
 
"Body camera juga dapat untuk meminta bantuan personel dalam tugas yang memerlukan penambahan personel," tutur Nasir.
 
Ruang kontrol Polda Metro Jaya akan menanggapi permohonan petugas di lapangan. Bantuan bisa diberikan langsung dari Polda Metro Jaya atau melalui polres dan polsek terdekat.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif