Kejaksaan Agung. Foto: MI
Kejaksaan Agung. Foto: MI

Kejagung Apresiasi Rencana Pembentukan Tim Pemberantas Mafia Tanah

Tri Subarkah • 24 Mei 2022 19:41
Jakarta: Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kejagung) Ketut Sumedana menegaskan tidak ada persaingan dengan lembaga lain dalam memberantas mafia pertanahan. Selama ini, Kejaksaan telah memiliki Satuan Tugas (Satgas) Mafia Tanah untuk menyelesaikan persoalan tersebut.
 
Kejagung, kata Ketut, mengapresiasi rencana pemerintah membentuk tim lintas kementerian/lembaga untuk memberantas mafia tanah. Tim lintas sektor itu akan membantu tugas kejaksaan, misalnya dalam mencari data.
 
"Apapun yang menjadi program pemerintah kita lakukan dengan sebaik-baiknya. Kalau misalnya ada tim gabungan, itu bagus," ujarnya saat dihubungi, Selasa, 24 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: KPK Siap Bantu Pemerintah Tuntaskan Kasus Mafia Tanah
 
Ketut berpendapat sejauh ini satgas mafia tanah tidak menemui kendala berarti. Penanganan perkara diserahkan ke kejaksaan di daerah, baik di tingkat Kejaksaan Tinggi maupun Kejaksaan Negeri.
 
Pihaknya berharap tim lintas kementerian/lembaga yang akan dibentuk pemerintah bisa berkoordinasi sampai ke tingkat daerah. "Di penegakan hukum itu tidak ada persaingan antar lembaga, yang ada itu kolaborasi," jelas dia.
 
Senada, Ketua Komisi Kejaksaan (Komjak) Barita Simanjuntak mengatakan tim yang akan dibentuk pemerintah bisa membantu tugas Satgas Mafia Tanah dari sisi hulu. "Jadi bagian hulu dibenahi dan law enforcement dijalankan dengan konsisten, barulah masalah pertanahan dan mafia tanah ini dapat diselesaikan," kata dia.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif