Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis (tengah). Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis (tengah). Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

32 Anggota Polda Metro Jaya Dipecat Sepanjang 2018

Nasional polri kapolda
Siti Yona Hukmana • 29 Desember 2018 10:20
Jakarta: Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis menyebut telah memecat 32 anak buahnya sepanjang tahun ini. Sanksi pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) itu diberikan setelah melalui proses sidang kode etik dan sidang tindak pidana.
 
"Saya memilih lebih baik punya anggota 10 daripada 100 elek-elekan seperti itu. Itu bagian dari ketegasan saya sejak memimpin Polda Metro Jaya," kata Idham di Mapolda Metro Jaya, Jumat, 28 Desember 2018.
 
Jumlah ini, kata Idham, menurun ketimbang tahun sebelumnya. Pada 2017, total sebanyak 44 anggota polisi Polda Metro Jaya dipecat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, catatan akhir tahun Polda Metro Jaya juga mendapati ada 51 anggotanya yang ditahan akibat sejumlah kasus. Jumlah ini menurun dari tahun sebelumnya yang sebanyak 54 anggota.
 
"Jumlahnya menurun 5,55 persen dibandingkan tahun 2017," kata Idham.
 
Lalu, polisi yang kena mutasi demosi sepanjang tahun ini sebanyak delapan orang. Jumlah ini turun drastis dari tahun sebelumnya yang berjumlah 55 orang. Sementara itu, jumlah anggota yang diberi teguran tertulis ada 11 orang, sedangkan tahun lalu, 45 orang.
 
Sebanyak 254 anggota Polda Metro Jaya dinyatakan melanggar kode etik. Jumlah ini menurun ketimbang tahun sebelumnya yang sebanyak 307 anggota. Lalu, ada 19 polisi ditunda usulan penaikan pangkatnya dan sembilan polisi kena penundaan gaji.
 
Sepanjang tahun ini Polda Metro Jaya juga menerima 1.026 pengaduan masyarakat terkait kinerja polisi. Jumlah aduan masyarakat ini diklaim terjadi penurunan sebanyak 26,02 persen.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif