Keponakan Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo/MI/Rommy Pujianto
Keponakan Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo/MI/Rommy Pujianto

Irvanto Bantah Sebar Besel Berkode Nama Miras

Nasional korupsi e-ktp setya novanto
Damar Iradat • 23 Oktober 2018 13:44
Jakarta: Irvanto Hendra Pambudi, terdakwa kasus dugaan korupsi KTP berbasis elektronik (KTP-el), membantah memakai sandi nama minuman keras sebagai kode penerima uang proyek. Ia sama sekali tak tahu kode yang disebut digunakan untuk memberi fulus kepada anggota DPR.

"Anda ngomong kode-kode untuk Senayan. Ada Vodka, Jack Daniels?" tanya jaksa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Oktober 2018.

Irvanto mengaku tak tahu nama-nama minuman. Ia yakin tak menggunakan kode tersebut dalam bertransaksi. "Jadi, seingat saya enggak pernah."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca: Andi Narogong: Novanto Suruh Irvanto Bagikan Duit ke DPR Kode itu dipertanyakan sesuai keterangan salah satu saksi Muhammad Nur alias Ahmad. Ahmad yang merupakan orang suruhan Irvanto menyebut ada empat merek minuman keras yang digunakan sebagai kode, yakni McGuires, Black Label, Vodka, dan Chivas Regal. Ia menyebut pemberian uang untuk jatah proyek KTP-el itu dilakukan sesuai perintah Irvanto.

Irvanto juga dicecar jaksa soal uang hasil proyek KTP-el ke sejumlah anggota DPR. Irvanto mengaku memang sempat mengantarkan uang ke DPR.

Di sisi lain, Irvanto mengklaim tidak tahu soal fee proyek KTP-el. Dia hanya menjadi kurir sesuai permintaan Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Baca: Putra Chairuman Mengelak Pernah Terima Uang Titipan dari Irvanto

Irvanto bersama Made Oka Masagung didakwa sebagai perantara suap untuk mantan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto. Irvanto juga diduga berperan memuluskan proyek KTP-el yang dikerjakan Andi Narogong.

Tidak hanya itu, Irvanto diduga menjadi kurir sejumlah uang kepada anggota DPR. Mereka yang diduga menerima uang dari Irvanto ialah Chaeruman Harahap, Melchias Markus Mekeng, Markus Nari, serta Agun Gunandjar.

Irvanto juga menyerahkan uang ke Ade Komaruddin, Jafar Hafsah, dan Nurhayati Ali Assegaf. Jumlah uang yang diberikan ke sejumlah anggota dewan berbeda.


(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi