Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Masyarakat Disebut Ingin Kapolri Tindak Tegas Polisi Nakal

Antara • 05 Juli 2022 23:58
Jakarta: Masyarakat disebut menginginkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menindak tegas oknum polisi nakal yang terlibat penyalahgunaan wewenang. Khususnya, terlibat tindak pidana.
 
"Masyarakat berharap Kapolri tegas dan tidak memberikan ruang untuk orang-orang seperti itu, kalau memang Polri ingin semakin dipercaya oleh masyarakat," kata Direktur Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan di Jakarta, Selasa, 5 Juli 2022.
 
Edi mengatakan hampir setiap aspek kehidupan masyarakat terkait dengan tugas kepolisian. Sehingga, masyarakat menaruh harapan besar agar kepolisian terus membenahi kekurangan di institusinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setiap sisi kehidupan masyarakat pasti ada kaitannya dengan polisi. Saat tidur saja dijaga polisi, saat jalan-jalan juga harus ada polisi, karena takut ada kejahatan. Jadi, hampir setiap kehidupan manusia itu berkaitan dengan tugas kepolisian, karena itu harapan masyarakat terhadap Polri itu sangat tinggi," ujarnya.
 

Baca: Kapolri: 83,8% Masyarakat Nilai Pelayanan Polisi Sudah Baik


Edi mengatakan peringatan HUT ke-76 Bhayangkara harus menjadi momentum Polri memenuhi harapan masyarakat sesuai dengan slogan Polri Presisi yang merupakan abreviasi dari prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.
 
"Harapan masyarakat terhadap polisi juga sangat tinggi, yang diharapkan masyarakat saat ini adalah bagaimana Polri hadir dan bisa memberikan respons cepat terhadap apa yang menjadi keluhan masyarakat," kata Edi.

Tidak antikritik

Pada kesempatan terpisah, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan rangkaian HUT Ke-76 Bhayangkara tahun ini akan menjadi momentum bagi Polri untuk berbenah dan bertransformasi menjadi institusi modern.
 
"Polri terus berbenah diri menjadi institusi modern yang tidak antikritik, melalui reformasi kultural dengan menyerap aspirasi masyarakat," kata Listyo saat membacakan sambutan pada Upacara HUT Ke-76 Bhayangkara di Akademi Kepolisian, di Semarang, Jawa Tengah, melalui tayangan yang disaksikan secara virtual.
 
Menurut jenderal bintang empat itu, Polri memang belum sempurna dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Namun, pihaknya akan terus berbenah diri menjadi organisasi yang dipercaya dan dicintai masyarakat.
 
"Kami berjanji bahwa kami akan terus berbenah, senantiasa peka dan mendengar kritik, serta menerima masukan, saran kepada Polri. Meskipun pahit akan kami jadikan evaluasi untuk mewujudkan transformasi menuju Polri yang Presisi," kata dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif